Iklan

Baksos di Pantai Biru, Lions Club Makassar Rajawali Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Serahkan Bantuan

warta pembaruan
18 Oktober 2021 | 10:48 PM WIB Last Updated 2021-10-18T15:48:19Z
Makassar, Wartapembaruan.co.id -- Lions Club Makassar Rajawali (LCMR) kembali menggelar kegiatan bakti sosial yang menyasar masyarakat bawah. Aksi kemanusiaan kali ini diselenggarakan di Pantai Biru, Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Senin (18/10/2021) pagi hingga siang.

Dipimpin langsung President LCMR Lion Sulina Wibawa didampingi VP1 Lion Yanuar Fachruddin dan PP Lion Juliani Jafar, para fellow lions dan volunteer yang hadir di lokasi baksos langsung melaksanakan sekaligus 3 (tiga) program kegiatan secara serempak, yakni Diabetes, Vision dan Environment.

Ketiga program yang bermaterikan pemeriksaan kesehatan (diabetes, tensi darah, mata) dan penyerahan bantuan sejumlah perlengkapan kebersihan (tong sampah, penggaruk sampah, karung sampah) ini disambut meriah dan penuh sukacita oleh puluhan masyarakat yang bermukim di Pantai Biru.

Untuk program diabetes yang dikoordinir Lion dokter Sulina Wibawa, tercatat sebanyak kurang lebih 50 warga pria-wanita berusia 30-74 tahun datang memeriksakan kadar gula darah tubuh mereka. Dan dari hasil pemeriksaan, 60 persen diantaranya memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Kepada penduduk yang memiliki kadar gula darah tinggi sehingga berpotensi diabetes, diberikan penyuluhan tentang bagaimana menerapkan pola hidup sehat, dan ada pula yang dirujuk ke Puskesmas agar mendapatkan obat-obatan medis guna menstabilkan kadar gula darah mereka.

Sementara untuk program Vision yang masih dalam rangka peringatan World Sight Day (15 Oktober 2021), dilakukan kegiatan pemeriksaan mata yang dikoordinir dan diperiksa langsung oleh Lion Suliati -- dokter spesialis mata, terhadap sejumlah warga berusia lanjut yang menderita katarak, dan juga kalangan anak-anak.

Seorang anak remaja berusia 14 tahun yang mengalami kondisi serius di matanya, Lion Suliati kemudian merujuk ke tempat prakteknya di Orbita Makassar untuk diperiksa lebih mendetail dan mendapatkan pengobatan secara gratis, serta juga 1 kacamata dengan kualitas sangat baik akan disiapkan oleh Lions Club Makassar Rajawali.

Selain kadar gula darah dan mata, dilaksanakan pula pemeriksaan tensi darah yang dikoordinir Lion Theresia Tumbelaka dibantu Lion Nirmasari dan Lion Yuliarti serta Lion Nelly Wuisan. Dari sekitar 50 warga berusia 30-72 tahun yang datang memeriksakan dirinya, sebanyak 5 persen diantaranya memiliki tekanan darah yang tinggi dan merekapun diberikan penyuluhan.

Usai melaksanakan pemeriksaan kesehatan, dilanjutkan kegiatan Environment yang dilakukan para fellow Lions Club Makassar Rajawali dengan menyerahkan bantuan sejumlah perlengkapan kebersihan terdiri dari 5 buah tong sampah, 10 karung sampah, 10 sendok penggaruk sampah, dan sejumlah brosur kesehatan mata.

Penyerahan bantuan itu dilakukan berturut-turut oleh President Lions Club Makassar Rajawali Lion Sulina Wibawa, VP1 Lion Yanuar Fachruddin, PP Lion Juliani Jafar, dan Lion Suliati Amir, serta diterima langsung Ketua RT.03, RW.06, Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Jalil Dg Bali dengan disaksikan sejumlah warganya.

Sejumlah fellow Lions Club Makassar Rajawali yang turut hadir menyukseskan kegiatan baksos ini yakni Lion Laela Samad, Lion Conny Mappakaya, Lion Ira Suryani, Lion Abdi, Lion James W, Lion Surya, Volunteer dr Lily Ridwan dan Irwan Husain. Aksi kemanusiaan itu diakhiri makan siang bersama menikmati makanan sehat yang disajikan penduduk setempat. (rls)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Baksos di Pantai Biru, Lions Club Makassar Rajawali Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Serahkan Bantuan

Trending Now

Iklan