News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Diduga Luput Dari Pengawasan dan Dikerjakan Asal-Asalan, Tebing Penahan di Danau Elok Penggilingan Cakung Jebol

Diduga Luput Dari Pengawasan dan Dikerjakan Asal-Asalan, Tebing Penahan di Danau Elok Penggilingan Cakung Jebol

Jakarta, Wartapembaruan.co.id -- Proyek pekerjaan perbaikan Danau Elok di  Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur jebol. Proyek pembangunan senilai Rp 11.153.071.377.27 dinilai anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta tidak sesuai spek.

Kejadian ambruknya tebing karenakan tidak dilengkapi besi slup sehingga mudah longsor. Menurut Syahroni, kerusakan tebing pada bagian bibir Danau Elok dikerjakan dengan perjanjian kontrak.

" Hari ini saya meninjau langsung lokasi pembangunan pengadaan dan pemasangan proyek rotary screen dan kelengkapannya di inlet pompa air Aneka Elok.

Jadi, pengaduan warga itu katanya terjadi kerusakan dibagian tebing," ujar anggota DPRD DKI Jakarta Bidang Pembangunan, Minggu (31/10/2021).

Anehnya, dilokasi proyek dibawah naungan Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur tanpa adanya salah seorang Pengawas. Wajar saja, dikatakan oleh Syahroni proyek pembangunan ini dikerjakan secara asal-asalan tanpa adanya pengawasan.

Ia pun meragukan pembangunan Danau Elok yang dianggapnya belum memenuhi kajian. Sebab, ketika hujan beberapa hari lalu terjadi longsor di lokasi pembangunan yang menelan biaya Rp 11 miliar lebih.

" Ini adalah proyek Suku Dinas Sumber Daya Air di plangnya, jadi dikerjakan oleh penyedia jasa namanya CV Berkah Sukses Jaya. Saya meragukan sebuah CV mengerjakan proyek sebesar 11 miliar harus juga ini diperiksa pemenangnya," ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, PT Karya Cipta Konsultasi sebagai Konsultasi Pengawas. Tanggal kontrak tersebut berlangsung pada tanggal 26 Juli 2021 dengan waktu pelaksanaan 120 hari sesuai kalender.
Disisi lain, Ketua RW 09 Perum Aneka Elok Penggilingan Cakung Jakarta Timur menyampaikan kejadian longsor dilokasi proyek SDA Jaktim telah dilaporkan ke LMK Kelurahan Penggilingan.

Namun, ambruknya turap sisi Danau Elok pada saat hujan beberapa hari lalu tidak menyebabkan banjir di pemukiman warga. Peristiwa longsor yang tak jauh pintu air dilokasi proyek itu telah dilaporkan Camat Cakung.

" Alhamdulillah disini tidak ada (banjir) karena disini cepat tidak ada masalah. tapi kita menyayangkan sampai segitu proyek ini sampai rusak segitunya ambruk semua. Saya waktu itu melaporkan dengan LMK atas laporan warga di sini, LMK melaporkan ke Pak Camat," terang Koiman.

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.