News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SMK KAL-1 Suguhkan Digitalisasi Keuangan Sekolah, Pengadaan Barang Kakayaan Negara Kepada Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah

SMK KAL-1 Suguhkan Digitalisasi Keuangan Sekolah, Pengadaan Barang Kakayaan Negara Kepada Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah

Surabaya, Wartapembaruan.co.id -- Sekolah Menegah Kejuruan  Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 yang berdomisili di Komandao    Pembinaan  Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut Surabaya, Selasa (12/10/21) mendapat kunjungan  Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Vero Yudo di damping Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah,  Ketua Umum Pengurus inti PP YHT   , Angwasda II, Angascab Surabaya.

Kunjungan sekaligus melihat dari dekat kondisi Satuan pendidikan, sarana dan prasarana serta pencapaian hasil pembelajaran selama masa pandemi covid-19  yang sudah berlangsung 2 tahun lebih. Di SMK KAL -1 Ny. Vero  di terima oleh Kepala Sekolah Kolonel Laut (KH) Drs . Ambar Kristiyanto, M.Si  .

Kedatangan   Istri Kasal di SMK KAL-1 Kodiklatal  di sambut oleh jajar kehormatan siswa paskibra  dan siswa drum band, laporan kondisi sekolah oleh Waka Kurikulum dan Opsdik  Ari Sutriyono, S.Pd., MM, persmian penggunaan perahu naga untuk keberlangsungan ekstrakurikuler dayung.

Selama di sekolah ini Kepala Sekolah mendamping Ketua Pembina  dalam peninjauhan di beberapa hasil karya siswa di jurusa Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Kendaraan Ringan ( TKR), Teknik Instalasi  Tenaga Listrik (TITL), Teknik Audio Videa (TAV), dan Teknik Logistik.

Hasil karya yagng disuguhkan meliputi :  Body Temperatur Check yang merupakan produk/ inovasi siswa di jurusan TITL  dengan bahan  Modul Arduino Nano, Modul Audio , Sensor Ultrasonic, Sensor Suhu, Seven Segment dan Powe Supply 5 Volt.  Cara  Kerja /Prinsip Kerja alat ini  Modul Arduino Nano berfungsi untuk mentransfer data yang dideteksi oleh sendor suhu dan sensor ultrasonic yang hasil datanya akan ditampilkan pada seven segment. Modul audionya berfungsi untuk menginformasikan data yang ditampilkan pada seven segment menggunakan sistem audio google.

Disamping itu di jurusan TITL juga menmpilkan  Door Lock Finger Print  yang telah dibuat beberapa aktu lalu dengan bahan : Modul Arduino Nano, Sensor Finger Print, Keypad Arduino, Lcd Arduino 2x16 , Selenoid Door Lock,Relay 5 V  dan Power Suplay 5v
Adapun cara kerja alat ini :

Modul Arduino Nano berfunsgsi untuk mentransfer data dari Finger Print untuk di olah data  sebagai tombol kunci untuk Door Lock,  Keypad Arduino berfungsi untuk kode data yang di masukan dalam  Arduino untuk membuka Door Lock Finger Print tersebut, Lcd Arduino berfungsi untuk tampilan data yang di masukan dari Keypad dan Arduino

Pada jurusan TKR menampilkan : “Simulator Electrik Vehicle” dan HYBRID MOTORCYCLE.
Kendaraan Listrik adalah kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energy listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpana nenergi lainnya.

Jurusan  TPM / pemesinan menampilkan mesin CNC Router. Mesin CNC Router digunakan untuk membuat grafir dan tulisan atau kaligrafi. Dalam pameran td siswa teknik pemesinan yaitu achmad nur kholis dan bayu putra  dari kelas XII yang mengoperasikan mesinnya didampingi oleh Kaprodi dan kabeng. Prosesnya mulai dari desain rancangan kemudian melakukan pemrograman menggunakan bahasa kode G (G code), lalu program tersebut dimasukkan kedalam controller untuk menggerakkan mesin CNC Router..bahan yang digunakan menggunakan material PVC White Board

Kemudia di sistim informasi SMK KAL-1 juga mengalami beberapa kemajuan antara lain :   informasi keuangan,  data siswa,  data guru dan karyawan,  penilaian siswa,  absensi siswa,  jembatan informasi sekolah dengan wali murid.  Sehubungan adanya gencaran industri 4.0 memiliki ide gagasan dari 2020 akhir tentang digitalisasi semua laporan.

Pada jurusan termuda, jurusan Teknik Logistik  menampilakan suatu simulasi, yaitu perencanaan simulasi koperasi dengan sistem pembayaran digital. Dalam tampilan tersebut diperlihatkan sebuah perbandingan alur proses sistem koperasi lama dengan perencanaan sistem koperasi dengan sistem pembayaran digital, dari hasil simulasi tersebut didapatkan sebuah perbedaan, yaitu pada sistem koperasi lama terjadi penumpukan antrian pada proses pembayaran dan pemilihan barang yang akan dibeli, pada perencanaan koperasi dengan sistem pembayaran digital memiliki dampak yaitu meminimalisir terjadinya penumpukan antrian dan sistem pembyaran menjadi lebih fleksibel karena menggunakan sistem digitalisasi.

Kepala SMK KAL-1  kepada Ketua Pembina menjelaskan secara detail digitalisasi administrasi sekolah,  keuangan sekolah, digitalisasi data aset / barang-barang milik Negara.  Dengan  adanya digitalisasi  sekolah ini, kedaepan  semua informasi yang ada di sekolah , mulai data keuangn sekolh, data perpustakaan, adminstrasi sekolah baik yang menyakut kesiswaan, kurikulum, sarana dan prasarana bahkan akses di semua kejuruan dapat di monitor secara online.”tuturnya”

Hal ini akan menjadi sekolah percontohhan di Yayasan Hang Tuah, sehingga kedepan perlu dikembangkan di seluruh satuan pendidikan di lingkunga Yayasan Hang Tuah dan dalam waktu yang tidak lama lagi akan disosialisasikan ke seluruh satuan-satuan pendidikan dari tingkat TK,SD,SMP, SMA dan SMK ( yht/dar).

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.