News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wahidin Porang Ikut Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital

Wahidin Porang Ikut Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital


GAYO LUES, Wartapembaruan.co.id
-- Wahidin Porang Camat Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues megikuti Zoom Meeting  Webinar Gerakan nasional  Literasi  Digital 2021,  pada Sabtu,30 Oktober 2021.


Webinar ini diselenggarakan  oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo)  Pusat melalui Virtual Zoom Meeting yang diiukti oleh  beberapa peserta di wilayah Gayo Lues, dengan mengusung tema “ Privasi dan Keamanan di Dunia Digital”.

Kegiatan ini berlangsung pada hari ini mulai pukul 13.30 Wib. Dengan menghadirkan 4 orang narasumber nasional dan daerah yang berkompeten di bidangnya.

Wahidin Porang, mengatakan sangat penting artinya bijak sebelum mengunggah di sosial media dengan cara mempertimbangkan dalam mengunggah. Jangan oversharing atau membagikan hal pribadi secara berlebihan.

Jejak digital tidak dapat hilang jika mengunggah informasi di internet. Jejak digital terdiri dari jejak digital pasif dan jejak digital aktif,  “Tips menjaga jejak digital tetap bersih diantaranya, memeriksa jejak digital, bijak sebelum menulis, perhatikan perangkat mobile, dan bangun citra diri yang positif,” katanya pada orang yang selalu menggunakan akal budinya dalam menggunakan media sosial. ujarnya.

Etika internet adalah seperangkat prinsip moral yang mengatur individu atau kelompok tentang perilaku apa yang dapat diterima saat menggunakan Internet dan media sosial. Dengan demikian seseorang tidak dapat seenaknya sendiri ketika berinteraksi dengan orang lain menggunakan media internet. Mereka dibatasi oleh prinsip moral yang berlaku dalam kelompok tersebut, dalam hal ini adalah pengguna internet dan media social, kata Wahidin Porang.

Selain itu dikatakan Wahidin Porang hal-hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan agar menjadi unggahan bijak, antara lain tidak membagaikan hal pribadi secara berlebihan, mengikuti akun yang tepat di media sosial, lakukan detoks media sosial secara berkala, serta pahami jika informasi yang sudah terunggah di internet susah dihapus. Oleh karena itu, bijaklah sebelum mengunggah sesuatu ke internet atau media sosial.

Bijak dalam bermedia sosial dengan menerapkan etika berkomunikasi dengan menggunakan internet antara lain, gunakan kata-kata yang sopan sehingga tidak menimbulkan ketersinggungan, tidak menggunkan kata-kata yang mengandung isu SARA, hati-hati dalam menggunakan huruf kapital, serta hindari perselisihan. Tips sebelum mengunggah di media sosial diantaranya, tidak terlalu banyak membagikan hal pribadi, ingat bahwa jejak digital susah dihapus, ikuti akun yang tepat, lakukan detoks media sosial secara berkala, serta bertanggung jawab dengan konten yang akan diunggah dan yakini kebenaran akan informasinya., jelasnya.

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.