Iklan

Fadel Muhammad: Daerah Harus Kembangkan Komoditas Unggulan

warta pembaruan
11 November 2021 | 6:41 PM WIB Last Updated 2021-11-11T11:41:03Z

Ket Foto : Fadel Muhammad (Kiri)

Bengkulu, www.wartapembaruan.co.id
– Wakil Ketua MPR Prof. Dr Fadel Muhammad mengatakan bahwa bangsa Indonesia dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa tanah yang subur serta air yang melimpah, sehingga tanaman akan sangat mudah tumbuh dan menghasilkan produk yang baik.

“Beberapa daerah bahkan tingkat kesuburan tanahnya melebihi daerah lainnya. Ini harus disadari dan disyukuri oleh pemimpin daerah. Bentuk rasa syukurnya, yakni dengan mengelola tanah secara serius dan menanam tanaman produksi unggulan yang cocok sehingga menjadi komoditas pangan yang melimpah dan menyejahterakan rakyat," katanya.

Harapan itu disampaikan mantan Gubernur Gorontalo itu dalam acara “Panen Raya dan Penanaman Benih Jagung” di Desa Nanjungan, Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu, Rabu (10/11/2021). Hadir antara lain Wakil Gubernur Bengkulu H. Rosjonsyah, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, tokoh masyarakat dan para petani setempat.

Menurut Fadel, Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan salah satu daerah yang mampu memaksimalkan potensi daerahnya, dan ia mengapresiasi pemerintah daerah yang terus fokus meningkatkan komoditas pangan seperti padi dan jagung.

"Saya sangat antusias begitu diundang untuk hadir dalam panen raya jagung di Bengkulu Selatan ini.  Saya lihat tanahnya sangat subur.  Cocok untuk menanam jagung seperti di Gorontalo," kata Fadel yang juga Ketua Dewan Jagung Nasional.

Ia menekankan pentingnya daerah mengembangkan komoditas pangan khas daerah, karena di era modern saat ini daerah mesti memiliki 'branding' atau merk yang kuat untuk memaksimalkan potensi ekonominya di tingkat nasional dan global.  

"Branding sangat penting. Sebab, ketika orang menyebut produknya mereka akan langsung ingat daerahnya. Contohnya, ketika orang menyebut jagung langsung teringat Gorontalo," katanya.

Setelah ada ‘branding’ yang kuat, maka langkah selanjutnya adalah membantu petani mendapatkan akses kredit yang meringankan untuk modal. Kemudian, membantu petani dalam penyediaan bibit, pupuk, dan penyuluhan. Terakhir, membantu pemasaran produk petani.

“Dalam hal ini, pemda harus ikut campur soal harga pasar yang menguntungkan petani. Apabila harga bagus dan stabil, maka petani akan semangat terus," katanya.

Hal lain yang harus dilakukan pemda adalah memberikan insentif tunai kepada perangkat daerah seperti kepala dinas, camat, lurah, dan kepala desa yang mampu menaikkan produksi dan pemasaran produk daerahnya.

"Langkah-langkah itu sudah saya lakukan saat saya menjabat Gubernur Gorontalo, dan itu berhasil menaikkan produksi jagung, sehingga menurunkan tingkat kemiskinan dari 40 persen menjadi 17 persen," katanya.

Sebagai pimpinan MPR, Fadel Muhammad mendukung dan mendorong setiap kepala daerah di Indonesia untuk meningkatkan potensi daerahnya sehingga menjadi ‘branding’ yang melekat kuat. 

"Ini akan berhasil jika semua bersinergi, baik petani dan pemerintah daerah, dan juga didukung Pemerintah Pusa,” katanya.

Pada kesempatan itu Fadel Muhammad juga menyerahkan bantuan kepada para petani, di antaranya bibit jagung dan padi serta beberapa unit mesin pertanian. Acara dilanjutkan dengan penanaman benih jagung di area lahan yang sudah disediakan dan menyaksikan panen raya jagung oleh masyarakat. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fadel Muhammad: Daerah Harus Kembangkan Komoditas Unggulan

Trending Now

Iklan