News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jhon Kenedy Sosok Pengusaha Inspiratif, Owner AO Barokah Depot Air Minum Rebus Isi Ulang di Kabupaten Sijunjung

Jhon Kenedy Sosok Pengusaha Inspiratif, Owner AO Barokah Depot Air Minum Rebus Isi Ulang di Kabupaten Sijunjung


SIJUNJUNG, WARTAPEMBARUAN.CO.ID
- Air menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dari kehidupan semua makhluk hidup. Tubuh manusia sendiri terdiri dari air yang menjadi sumber kebutuhan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk minum, mengolah makanan dan untuk mencuci.

Sumber air minum bisa dari mana saja, apalagi zaman now banyak air mineral dalam galon, yang berasal air minum isi ulang atau depot-depot air yang ada dikalangan masyarakat sekarang ini. Depot-depot air isi ulang makin diminati oleh masyarakat, dikarenakan lebih praktis dibanding dengan air yang harus dimasak terlebih dahulu. 

Tak hanyal, sosok pengusaha muda yang ada  di Nagari Palaluar tepatnya kecamatan Koto VII terdapat satu tempat depot air isi ulang yang airnya di masak terlebih dahulu baru diperjual belikan kepada masyarakat setempat. Jhon Kenedy sosok pengusaha muda inspiratif yang mempunyai usaha depot air rebus isi ulang yang satu satunya di Kabupaten Sijunjung.

Jhon Kenedy membuka usaha ini lebih kurang sudah berjalan selama 1 Bulan, awalnya bukan usaha ini yang dirintis, ada beberapa usaha yang sudah dicoba, pertama usaha telur puyu akhirnya kolep alias hanya kembali modal.

Kemudian ia mencari informasi dengan berdiskusi dikalangan sahabat pengusaha Sijunjung dari Sabang sampai Meuroke. Akhirnya Jhon Kenedi memutuskan untuk membuka usaha depot air masak yang didapatkan informasi dari pengusaha yang berada di Sulawesi Selatan.

"Semenjak kolep berusaha telor puyu, saya mencoba membuka ruang informasi dan berdiskusi dengan banyak kalangan pengusaha dari Sabang hingga Merouke. Yah, alhamdulillah kawan di Sulteng memberikan masukan untuk membuka usaha depot air rebus isi ulang. Akhirnya saya putuskan untuk membuka usaha itu dengan kajian bisbis yang matang," ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Dengan modal usaha lebih kurang Rp. 50 juta dan tempat lokasi tepat disamping rumah. Dengan galian sumur sedalam 4 meter yang memiliki alat penyaringan teknologi mutahir. Kemudian ada tempat pemasak dengan dandang 2 buah yang berukuran 500 liter/ dandabg dan untuk dandang pendingin berukuran 1500 liter dengan bahan stenlis anti karat hingga pembakaran memakai kayu yang diblower supaya api tetap menyala besar dan merata.

Usaha Depot Air Rebus Isi Ulang yang diberinama "A.O Barokah" Jhon Kenedy menjelaskan pertama membuka depot air  tersebut hanya 15 sampai 19 galon saja yang laku, kemudian hari kedua hanya 29 galon yang laku. Berkat keuletannya hari demi hari selanjutnya mulai laku banyak hingga 50 galon dan satu galonnya dengan goceh Rp. 7000 sudah diantar kerumah warga.

”Alhamdulillah sudah banyak yang tahu, dan hari demi hari sudah banyak yang minat mulai dari konsumen masyarakat Nagari Limo Koto, Palaluar, Tanjung dan Bukit Bual serta Nagari Pamuatan juga Padang Sibusuk. Memang banyak komentar baik terhadap air rebus kita. Karena air yang dimasak bagus untuk kesehatan dan bakteri juga hilang," syukurnya 

Dalam kesempatan yang sama, dalam penglihatan dari pengamat UMKM Kabupaten Sijunjung Fadhlur Rahman Ahsas, menjelaskan tak ada orang yang menjual air isi ulang yang dimasak terlebih dahulu. Karena melihat proses pekerjaan yang termasuk pekerjaan berat. Berawal dari mencari kayu bakar, menunggu air penuh didalam tangki yang berukuran besar, sehari paling banyak 2 tangki, menghidupkan api, menunggu air mendidih, sampai menunggu air tersebut dingin selama 1 malam baru bisa airnya dimasukkan ke dalam galon-galon warga. Dikarenakan jika air tersebut dimasukkan panas-panas, otomatis galon tersebut akan leleh diakibatkan dari panas air tadi.

"Sungguh beliau sosok pekerja keras, karena bekerja sendiri dari seluruh proses yang ada. Hingga mengantarkan ke rumah-rumah konsumen," jelas sosok Owner Es Cindu Sagu Abak yang viral ini.

Sementara Robi Anas Tanjung tokoh muda nasional Ketua Umum GP Indonesia,  menjelaskan, bahwa seiring berjalannya waktu, usaha depot air rebus isi ulang adalah usaha yang inspiratif dan menjaga tradisi lama yang baik sebab orang tua kita dulu meminum air yang direbus. Apalagi pada masa covid yang telah dialami sekarang ini, seperti yang diketahui banyak pengusaha down atau berdampak sekali pada usaha-usahanya, salah satunya mengalami banyak kerugian. Tetapi berbeda dengan usaha Depot Air Rebus Isi Ulang "A.O Barokah".

"Pada masa covid ini, semuanya ada dampak terhadap pengusaha namun berbeda dengan sosok inspiratif ini yang move on untuk mencari yang terbaik. Saya memberikan apresiasi terhadap A.O  Barokah yang memberikan inpiratif untuk pemuda dan pengusaha wabilkhusus diranah lansek manih," pungkasnya. (Zaki)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.