Iklan

Kemnaker Dorong Mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar Terus Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi

warta pembaruan
24 November 2021 | 11:23 PM WIB Last Updated 2021-11-24T16:23:02Z

Polewali Mandar - Wartapembaruan.co.id -Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sebagai leading sektor pelatihan vokasi telah menyiapkan strategi program pembangunan SDM di masa pandemi dan pasca pandemi dengan melakukan perubahan secara terstruktur dari segi kelembagaan, sarana dan fasilitas, substansi pelatihan, persepsi, serta kolaborasi.

"Kebijakan ini akan menopang kebijakan triple skilling vokasi yang sudah dijalankan untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja Indonesia, serta meningkatkan proses pemagangan dan sertifikasi dalam menjamin kualitas tenaga kerja," ucap Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat memberikan kuliah umum di Universitas Al Asyariah Mandar bertajuk Kebijakan Ketenagakerjaan di Masa Pandemi COVID-19, Rabu (24/11/2021).

Ida Fauziyah mengatakan, Kemnaker juga melakukan langkah link and match ketenagakerjaan untuk menciptakan  pasar kerja yang fleksibel dan efisien dalam mendukung masifikasi penciptaan lapangan kerja yang berkualitas dengan pengembangan layanan pusat pasar kerja dengan fungsi utama melalui job matching, bimbingan karir dan keterampilan, dukungan pemerintah, serta analisis dan informasi pasar kerja.

Pemerintah juga terus memperbaiki regulasi di bidang ketenagakerjaan untuk menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang kondusif bagi semua pihak serta memberikan perlindungan menyeluruh bagi pekerja.

"Semua kebijakan ini bertujuan untuk memperbaiki ekosistem ketenagakerjaan Indonesia secara keseluruhan sehingga bisa menopang peningkatan produktivitas bangsa untuk mencapai target Indonesia Emas 2045," kata Ida Fauziyah.

Ida menyampaikan bahwa semua kebijakan yang dijalankan pemerintah tetap membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk dari ranah akademik dan pendidikan tinggi, termasuk dari sivitas akademika Universitas Al Asyariah Mandar.

Ia juga mendorong seluruh mahasiswa  Universitas Al Asyariah Mandar untuk terus bekerja keras meningkatkan kualitas dan kompetensi serta beradaptasi dalam segala aspek. Karena perubahan ke depannya semakin dinamis, banyak skills baru yang muncul dan berkembang serta dibutuhkan di dunia kerja.

"Pastikan anda semua bisa terus berkembang untuk meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri dan pasar kerja saat ini serta masa depan. Karena persaingan saat ini sangatlah ketat, anda tidak bisa bersantai-santai saja dengan ijazah yang dimiliki," kata Ida seraya mengingatkan.

Dalam akhir kuliah umumnya, Ida Fauziyah berpesan agar seluruh mahasiswa dan sivitas akademika Universitas AL Asyariah Mandar untuk bisa kompeten pada  bidangnya masing-masing dengan terus belajar, bertumbuh, dan berkembang dengan memanfaatkan segala media yang ada, misalnya dengan mengikuti pelatihan pelatihan kompetensi yang tersedia di berbagai bidang.

"Karena sekarang ini fleksibilitas dan multi tasking adalah kemampuan yang sangat dicari di dunia kerja," pungkas Ida Fauziyah. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemnaker Dorong Mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar Terus Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi

Trending Now

Iklan