Iklan

Menteri PUPR Bertemu Direktur Islamic Development Bank (IDB) Turki

warta pembaruan
05 November 2021 | 5:18 PM WIB Last Updated 2021-11-05T10:18:35Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
– Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertemu dengan Direktur Islamic Development Bank (IDB) Turki Saleh Jelassi setibanya di Ankara, Turki, Kamis Wib waktu setempat (4/11/2021). Sebelumnya Menteri Basuki melakukan kunjungan kerja ke Skotlandia.

Agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah mencakup dukungan skema Public Private Partnership (PPP) atau Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), proyek pengolahan limbah untuk energi (waste to energy), dan peningkatan kapasitas SDM melalui pertukaran pengalaman. 

Dalam pertemuan tersebut Menteri Basuki menyampaikan penjelasan terkait skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang telah berjalan dalam berbagai proyek infrastruktur di Indonesia. 

"Kami di Indonesia sudah familiar dengan skema KPBU, selain itu kami juga membutuhkan dukungan untuk pembangunan, antara lain melengkapi beberapa ruas utama pada Jalan Tol Trans Sumatera dengan skema KPBU," kata Menteri PUPR.  

Sementara itu Direktur IDB Turki Saleh Jelassi menyatakan bahwa IDB sangat mendukung semua pelaksanaan proyek infrastruktur dengan skema KPBU dan menyampaiman bahwa dirinya akan segera melakukan perjalanan ke Jakarta, Indonesia dalam waktu dekat. 

"IDB saat ini berfokus di sektor kesehatan. Khusus di Kementerian PUPR, IDB telah mendukung proyek peningkatan kualitas kawasan kumuh (slum upgrading) di Ditjen Cipta Karya. Kami akan tindaklanjuti hasil pertemuan saat ini di Jakarta," ujarnya. 

Setelah bertemu dengan Direktur IDB, Menteri Basuki rencananya akan melakukan peninjauan ke kantor perusahaan kontraktor dan produsen alat konstruksi Ankara PI Makina & ERG, yang memiliki pengalaman membangun jalan tol dan bendungan, sekaligus meninjau jalan bebas hambatan Command Center Ankara Nigde Highway. 

Jumat WIB waktu setempat, Menteri PUPR rencananya akan menyaksikan penandatanganan surat komitmen (LOI) rencana kerja sama antara PT Nindya Karya dan Uçgen Proje, dilanjutkan pertemuan dengan Turkish Contractors Association (TCA), dan Menteri Perdagangan Turki Dr. Mehmet MUŞ untuk membahas berbagai kemungkinan kerja sama ke depan dalam bidang infrastruktur. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menteri PUPR Bertemu Direktur Islamic Development Bank (IDB) Turki

Trending Now

Iklan