News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kembangkan Bakat Dan Ketrampilan, Pemuda Asal Magetan Tekad Ikuti Binsos

Kembangkan Bakat Dan Ketrampilan, Pemuda Asal Magetan Tekad Ikuti Binsos


Magetan, Wartapembaruan.co.id
-- Tercapainya sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan pembinaan, dan pemantaban agar pengembangan diri mengarah kepada identitas yang baik apalagi untuk kehidupan sosial masyarakat. Sedangkan demi kelangsungan hidup generasi penerus putra bangsa dituntut untuk memiliki pengembangan kualitas SDM demi tercapainya keberhasilan Bakat, Kemampuan dan keahlian yang di cita-citakan.

Melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Magetan berupaya membantu serta mendorong bagi warga yang mempunyai bakat dan kemampuan seperti Menjahit, Salon, Bengkel melalui Bimbingan Sosial, mental, fisik dan keterampilan kerja yang di selenggarakan oleh pemerintah setempat.

Salah satunya Widya Assyifa (19) salah lulusan SMK jurusan tataboga warga selosari magetan bertekad mengikuti demi mengembangkan Bakat dan Ketrampilan yang dimiliki.

Pengakuan dari widya sendiripun menginginkan ketrampilan yang dimiliki agar bisa menjadi peluang usaha yang mandiri.


” Alhamdulillah saya sangat terbantu sekali dengan adanya program pemerintah melalui pembinaan yang diberikan, Selain mendapat pengalaman luas juga mendapat bantuan peralatan “, Ujarnya, Rabu(15/12/21).

Widya adalah salah satu 40 peserta dari magetan yang pernah mengikuti pelatihan Bimbingan Sosial, mental, fisik dan keterampilan angkatan II Tahun 2020 di UPT Bojonegoro sesuai ketrampilan yang dimiliki yaitu menjahit, dan Mengobras.

Awal mula Widya semangat mengikuti program tersebut atas informasi yang didapatkan sehingga bertekad agar cita cita yang dimiliki bisa tercapai.

Di tempat yang berbeda Selfy peserta angkatan tahun 2018 juga mengatakan hal yang sama saat mengikuti program bimbingan dan pelatihan ketrampilan selama 6 bulan juga bisa buka peluang usah sendiri. ” Alhamdulillah saya dari Nol belum bisa apa apa sekarang saya bisa mandiri untuk buka usaha menjahit dan mengobras di rumah,” ungkapnya.

Selfy juga sudah menghasilkan karya sendiri seperti baju pria dan wanita sesuai pesanan dari konsumen dan pelanggan.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu. SE mengatakan Dinas Sosial provinsi Jawa timur bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Magetan setiap tahun selalu mengadakan pembinaan dan ketrampilan kerja dan memberikan kesempatan bagi para kawula muda yang memiliki ketrampilan dan bakat.

” Kami memberikan kesempatan bagi warga terutama tokoh pemuda Magetan yang memiliki ketrampilan dan bakat untuk ikut program yang kami berikan setahun dua kali,” jelasnya.

Bagi peserta yang lolos di uji materi langsung dari provinsi untuk ikut pembinaan melalui Bimbingan Sosial, mental, fisik dan ketrampilan sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki yang nantinya juga akan diberikan modal peralatan. ‘ Mereka dibimbing selama 6 bulan diberikan ketrampilan sesuai bidang dan bakat yang dimiliki Disamping itu juga diberikan modal kerja berupa peralatan, imbuhnya.

Usai menyelesaikan bimbingan sosial dan ketrampilan pemerintah berharap selama dapat bermanfaat secara maksimal sehingga mampu mandiri, mampu mengembangkan usahanya sehingga ke depan dapat melaksanakan fungsi sosial sebagai anggota masyarakat yang terampil dan aktif di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat ini.

” Usai mengikuti bimbingan pelatihan selama 6 bulan peserta akan terus di monitoring oleh dinas propinsi bersama dinas Sosial magetan, Apabila hasilnya bagus peserta diarahkan untuk mengikuti pengembangan,” tutur Yayuk.

Widya sangat berterimakasih Dinas sosial selama ini yang diberikan baik Materi, bimbingan sosial, mental, fisik dan keterampilan yang telah disampaikan oleh pengajar/narasumber/instruktur betul-betul dipahami, dimengerti dan dikuasai dengan baik serta dapat dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan masyarakat sekitarberharap kepada para kawula muda.

Dia juga berharap bagi para kawula muda untuk tidak menyia nyiakan progam yang diberikan pemerintah agar yang memiliki ketrampilan sesuai bakat masing masing bisa terimplimentasikan melalui program tersebut.

Dan bagi yang berminat bisa menghubungi Dinsos Kabupaten Magetan karena UPT provinsi mengadakan pelatihan ketrampilan dalam satu tahun 2 kali yaitu di bulan januari sampai dengan bulan juli selanjutnya bulan juli sampai dengan bulan Desember. (Eric/sof/jok)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.