News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2021 di Daerah Istimewa Yogyakarta

Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2021 di Daerah Istimewa Yogyakarta


KOTA YOGYAKARTA, Wartapembaruan.co.id
- Kepala Staf Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo mewakili Danrem 072/Pamungkas bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2021. Upacara digelar di Stadion Mandala Krida Jalan Kemuning Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (19/12/2021).

Peringatan Hari Bela Negara tahun 2021 mengambil tema “Semangat Bela Negaraku Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Diharapkan dengan semangat bela negara untuk terus dapat mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara. Serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia maju.

Penetapan Hari Bela Negara tanggal 19 Desember dilatarbelakangi oleh perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan NKRI dari penjajahan. Pada tanggal 19 Desember 1948 Belanda melaksanakan Agresi Militer II dengan melancarkan serangan ke Ibukota Indonesia saat itu, yaitu kota Yogyakarta. 

Rakyat Indonesia dengan seluruh tumpah darahnya berjuang secara bersama-sama melawan Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia. Oleh sebab itu tanggal 19 Desember ditetapkan sebagai Hari Bela Negara.


Dalam upacara, amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dibacakan oleh Inspektur Upacara Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo.  Presiden Republik Indonesia mengajak seluruh rakyat Indonesia bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat bela negara. 

“Tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri. Tetapi merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia. Diharapkan dalam momentum Hari Bela Negara ini, mari kita tingkatkan semangat, bersama-sama saling bahu-membahu bergandengan tangan, perkokoh persatuan dan persaudaraan,  bergotong-royong. Serta selalu optimis dalam menghadapi setiap tantangan yang terjadi. Agar bangsa Indonesia selalu tangguh melalui berbagai ujian dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa,” amanat Presiden RI.

Upacara dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan pasukan upacara terdiri dari perwakilan masing-masing 1 regu. Dari Korem 072/Pamungkas, Lanal Yogyakarta, Lanud Adisucipto Yogyakarta, Polda DIY. Juga ASN Pemda DIY, FBN (Forum Bela Negara), FKBN (Forum Kader Bela Negara).

Turut hadir dalam kegiatan Upacara tersebut Kabinda DIY Brigjend Pol Andri Wibowo, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, S.H., M.M. Kemudian Plh. Kajati DIY, Dr. Rudi Margono, S.H., M.Hum. serta Forkopimda DIY. (*)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.