Iklan

Kemnaker Dukung Pembangunan BLK UPTP di Sulawesi Tengah

warta pembaruan
27 Januari 2022 | 12:30 PM WIB Last Updated 2022-01-27T05:30:58Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, mendukung usulan alih aset dan fungsi Loka Latihan Kerja/Balai Latihan Kerja-Unit Pelaksana Teknis Daerah (LLK/BLK UPTD) Kabupaten Tojo Una-Una menjadi BLK Unit Pelayanan Teknis Pusat (UPTP).

Menurut Ida, pendirian BLK UPTP Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah diyakini akan mempercepat penyiapan tenaga kerja lokal yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi di daerah.


"Kita akan pelajari terlebih dahulu usulan pengalihan BLK UPTD di Tojo Una-Una menjadi BLK-UPTP. Selanjutnya akan dilakukan perencanaan dan pengkajian oleh Ditjen Binalavotas, termasuk skema kerja sama untuk mempercepat pembangunan BLK UPTP Sulawesi Tengah," ujar Ida Fauziyah saat menerima audiensi Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, di kantor Kemnaker, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Dalam kesempatan ini, Menaker meminta Gubernur Sulawesi Tengah agar menyiapkan terlebih dahulu secara detail berbagai hal yang dibutuhkan untuk kelancaran pengajuan BLK UPTP. Misalnya kelengkapan perizinan dan dokumen, ketersediaan lahan yang cukup, skema kerja sama pembangunan, serta sarana dan prasarana pendukung.

"Dalam mendirikan BLK UPTP di daerah, program-program pelatihan hendaknya menyesuaikan dengan potensi yang ada di daerah Tojo Una-Una, seperti perikanan, pertanian, dan peternakan," jelas Ida Fauziyah.


Sementara Rusdy Mastura berharap Menaker Ida Fauziyah menyetujui usulan pengalihan aset dan fungsi LLK/BLK-UPTD kabupaten Tojo Una-Una menjadi BLK-UPTP. Sehingga diharapkan akan menjawab beberapa tantangan ketenagakerjaan di Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai.  "Anak-anak muda di Banggai bersaudara, nantinya dapat menikmati kesempatan pelatihan sekaligus mengembangkan SDM," katanya.

Rusdy menambahkan, apabila usulan ini dapat disetujui Kemnaker, maka secara strategis wilayah lingkup Sulawesi Tengah akan berfungsi menjadi pembina untuk 7 LLK/BLK UPTD kabupaten Poso, Morowali Utara, Morowali, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai. Sedangkan BLK UPTP lainnya dapat diusulkan di Kota Palu yang akan berfungsi sebagai pembina LLK/BLK UPTD Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong, Toli-Toli, dan Buol. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemnaker Dukung Pembangunan BLK UPTP di Sulawesi Tengah

Trending Now

Iklan