Iklan

Tingkatkan Kompetensi Pekerja, Menaker Ajak Perusahaan Sukseskan Program Pemagangan

warta pembaruan
11 Januari 2022 | 5:40 PM WIB Last Updated 2022-01-11T10:40:28Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, mengajak perusahaan manapun, termasuk PT Nestle untuk bersama-sama menyukseskan program pelatihan melalui pola pemagangan. Program tersebut dilakukan dalam rangka percepatan peningkatan kompetensi.

"Saya berharap, Nestle menjadi bagian dari program pemagangan yang dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Pemagangan ini menjadi bagian untuk meningkatkan kompetensi calon pekerja," tutur Ida. saat menerima audiensi Jajaran Pimpinan PT Nestle Indonesia di Kantor Kemnaker, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Menurut Ida, jika calon pekerja memiliki kompetensi, maka mereka akan  bisa bersaing dan diterima di pasar kerja. Karena program pemagangan ini salah satu solusi tepat dalam mengatasi persoalan ketenagakerjaan.

"Kalau kompetensinya diperkuat melalui proses pemagangan, perusahaan juga bisa mendapatkan tenaga kerja yang kompeten. Calon pekerja yang memiliki kompetensi kerja ini nantinya bisa bekerja di Nestle atau perusahaan lain," ujar Ida.


Tidak hanya itu, sambungnya, peserta magang yang telah memperoleh ilmu dari perusahaan yang menjadi tempat magang bisa menjadi entrepreneur. "Maka outputnya, mereka bisa masuk pasar kerja atau mereka menjadi entrepreneur, menjadi pelaku usaha," imbuhnya.

Ida nengungkapjan, Kemnaker memiliki sejumlah program guna mendukung terciptanya entrepreneur yang salah satu programnya berbasis pada kompetensi SDM, yakni dengan cara menciptakan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri (WBTKM).

"Kemnaker juga memberikan bantuan sarana usaha agar pengetahuan yang diterima masyarakat dapat diimplementasi menjadi suatu produk berkualitas baik dan memiliki daya saing," pungkas Ida Fauziyah. (Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Kompetensi Pekerja, Menaker Ajak Perusahaan Sukseskan Program Pemagangan

Trending Now

Iklan