Iklan

Audiensi dengan Bupati Tangerang, Kanwil Kemenkumham Banten Bahas Tusi Sampai Wacana Munculkan Indikasi Geografis

warta pembaruan
03 Februari 2022 | 11:28 AM WIB Last Updated 2022-02-03T04:28:19Z


KAB. TANGERANG, Wartapembaruan.co.id
– Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang dipimpin Kepala Kantor Wilayah, Tejo Harwanto, melakukan Audiensi dengan Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar bertempat di Ruang Solear, Kantor Bupati Kabupaten Tangerang, Rabu (02/02).

Kedatangan Tejo Harwanto dan rombongan tersebut bertujuan untuk menyampaikan berbagai program pelaksanaan tusi Kanwil  Kemenkumham Banten khususnya Pelayanan Hukum dan Pemajuan HAM, yang menurutnya perlu adanya sinergisitas yang dibangun melalui persamaan persepsi dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Mengawali, Tejo Harwanto menyebut jika Menteri Hukum dan HAM telah mencanangkan Tahun 2022 sebagai Tahun Hak Cipta, sehingga diharapkan Pemerintah Kabupaten Tangerang dapat mendorong Dinas-Dinas terkait, pelaku seni untuk mendaftarkan hasil kreativitasnya.

Ditambah dengan diluncurkannya POP HC, kata Tejo Harwanto, membuat proses persetujuan hak cipta yang sebelumnya memakan waktu kurang lebih satu hari (one day service) menjadi hitungan menit saja.


Selain itu, menurut Tejo Harwanto, Kabupaten Tangerang juga memiliki potensi untuk Indikasi Geografis  yang berasal dari Kabupaten Tangerang, yaitu Markisa Liar Ciangir  mengingat sampai saat ini Provinsi Banten belum memiliki Indikasi Geografis.

“Dengan terdaftarnya Indikasi Geografis,sudah tentu akan menambah nilai suatu produk khas suatu daerah dan memberikan perlindungan hukum terhadap produk tersebut”, ujarnya.

Melalui Audiensi ini juga, Tejo Harwanto juga mengharapkan adanya sinergitas dan kerjasama dalam hal pembinaan Desa Sadar Hukum yang diharapkan dapat didorong dengan pengesahan desa binaan oleh Bupati yang nantinya dapat dilanjutkan dengan adanya pembinaan baik oleh Bidang Hukum Daerah serta bekerjasama dengan Penyuluh Kanwil Kemenkumham Banten.

Terakhir, terkait KKPHAM dan Aksi HAM, Tejo Harwanto mengatakan jika Kabupaten Tangerang sudah mendapatkan Penghargaan  Kabupaten/Kota Peduli HAM, diharapkan  Kabupaten Tangerang dapat mempertahankannya di Tahun 2022 ini.

Menanggapi, Bupati Tangerang menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Banten dan berharap berbagai program kerja yang direncanakan Kanwil Kemenkumham Banten bersama Kabupaten Tangerang bisa berjalan dengan baik sehingga bisa jadi bagian dari keberhasilan pengembangan Kabupaten Tangerang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Audiensi dengan Bupati Tangerang, Kanwil Kemenkumham Banten Bahas Tusi Sampai Wacana Munculkan Indikasi Geografis

Trending Now

Iklan