Iklan

Bupati RHS Silaturahmi ke Mendes PDTT Demi Kesejahteraan Masyarakat Simalungun

warta pembaruan
15 Maret 2022 | 2:30 PM WIB Last Updated 2022-03-15T07:30:24Z


SIMALUNGUN, Wartapembaruan.co.id -- Radiapoh Hasiholan Sinaga SH.MH Bupati Simalungun berharap adanya atensi terkait penggunaan dana Desa untuk pembenahan infrastruktur jalan antar desa.

“Supaya akses jalan antar desa bisa terintegrasi yang berdampak semakin mudahnya akses pengangkutan hasil pertanian desa untuk dipasarkan. Harapan itu disampaikan kepada Mendes PDTT, demi kesejahteraan masyarakat Simalungun,” Demikian Radiapoh Hasiholan Sinaga saat kunjungan silahturrahmi ke Kementerian Desa, Pembanguan Daerah danTransmigrasi (Kemendes PDTT) yang didampingi Kadis PMPN Jonni Saragih di Jakarta, Selasa (15/03/2022).

Bupati Simalungun diterima Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, A. Halim Iskandar yang didampingi Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito, membahas program tentang desa untuk menjadi acuan bagi Pemkab Simalungun dalam melaksanakan kegiatan di daerah.

Topik yang dibahas tentang payung hukum realokasi selisih penggunaan bantuan langsung tunai (BLT) desa yang tidak sampai 40%, dimana bupati/wali kota diberi diskresi untuk realokasinya ke nagori lain atau kembali ke nagori awal dengan peruntukan prioritas lainnya.

Selain itu, RHS juga  membicarakan tentang tanggungjawab pemilik hak guna usaha (HGU) terhadap pemeliharaan infrastruktur jalan umum di areal HGU antara lain dengan standard dan kwalitas jalan angkutan umum bukan angkutan produksi perkebunan dan harus dibuat aturannya.


Selanjutnya membicakan terkait dengan dukungan program, kegiatan dan pembiayaan dari Kemendes DPTT tentang pengembangan desa wisata dan tentang badan usaha milik nagori (BUMNag) dalam rangka permodalan dan pendampingan.


Sebelumnya, Radiapoh Hasoholan Sinaga memaparkan potensi desa di Kabupaten Simalungun dan berharap adaya dukungan penuh dari Kemendes PDTT, dalam upaya menggali potensi desa di Simalungun.

Laporan : Anton Garingging
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati RHS Silaturahmi ke Mendes PDTT Demi Kesejahteraan Masyarakat Simalungun

Trending Now

Iklan