Iklan

Menaker: Investasi Peningkatan Kualitas SDM Sangat Penting bagi Pembangunan Ketenagakerjaan

warta pembaruan
25 Maret 2022 | 8:26 PM WIB Last Updated 2022-03-25T13:26:21Z


Surabaya, Wartapembaruan.co.id - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut, salah satu sasaran prioritas pembangunan nasional 2019 – 2024 menitikberatkan pada peningkatan investasi.

Dalam konteks ketenagakerjaan, menurut Ida, investasi sangat penting paling tidak karena lima alasan, yaitu investasi membuka lapangan kerja; investasi memperbesar peluang alih teknologi dan pengetahuan; investasi memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM); investasi mendorong peningkatan produktivitas; dan investasi menyumbang pada pertumbuhan ekonomi nasional.

"Oleh karenanya, investasi pada peningkatan kualitas SDM sangat penting dalam proses pembangunan ketenagakerjaan," ujar Ida, pada acara Pasker ID Goes to Campus dan Pengukuhan Kepengurusan Forum Komunikasi Perguruan Tingi untuk Ketenagakerjaan (Forkomtinag) di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/3/2022).

Ia menjelaskan, salah satu bentuk investasi peningkatan kualitas SDM adalah melalui pendidikan di perguruan tinggi yang berkualitas.

Pasalnya, lulusan dari perguruan tinggi yang berkualitas akan cenderung memiliki produktivitas yang lebih tinggi dan memberi kontribusi yang lebih besar pada perekonomian.

"Oleh karena itu, kita harus terus menjadikan perguruan tinggi sebagai salah satu fokus dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia bangsa ini," jelas Ida.


Pada acara yang dihadiri oleh sejumlah rektor dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia tersebut, ia menyakini akan memberikan dampak signifikan bagi pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia, dan menjadi momentum penting mewujudkan sinergitas dan kolaborasi perguruan tinggi dengan Kemnaker sebagai leading sector pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menaker: Investasi Peningkatan Kualitas SDM Sangat Penting bagi Pembangunan Ketenagakerjaan

Trending Now

Iklan