News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Remaja Masjid, Pelajar Dan KNPI Matang Kuli, Luncurkan Program Sosial Ciptakan Kampung Qur'an

Remaja Masjid, Pelajar Dan KNPI Matang Kuli, Luncurkan Program Sosial Ciptakan Kampung Qur'an


Aceh Utara, Wartapembaruan.co.id - Momentum bulan suci ramadhan 1443 H/2022 menjadi sebuah hikmah bagi tiap kalangan, termasuk bagi segenap anak muda dari ikatan masyarakat pelajar  Matang kuli (IMPELMA) Banda Aceh, remaja masjid Al Khalifah Matang Kuli, dan Pimpinan kecamatan komite nasional pemuda Indonesia (PK KNPI)  Kecamatan Matang Kuli.

Dalam momentum ramadhan ini, para pelajar, remaja dan KNPI saling bahu membahu luncurkan program sosial dan keagamaan, seperti kampoeng Al-Qur’an Ke-3 Tahun 2022.

Program tersebut langsung dibuka oleh Camat Kecamatan Matangkuli, Edwar BA membuka secara resmi program Kampoeng Alquran Ke-3 Tahun 2022 (20 Hari Bersama Alquran), di Mesjid Besar Al-Khalifah Ibrahim Matangkuli , Aceh Utara, Sabtu (9/04/2022).

Kegiatan kampung Alquran ini, bertemakan "Aneuk Meukompeten, Matangkuli Keren"  dilaksanakan oleh Ikatan Masyarakat Pelajar Matangkuli (Impelma) Banda Aceh, PK KNPI Matangkuli, dan Remaja Mesjid Besar Al-Khalifah Ibrahim Matangkuli.


Ketua panitia pelaksana, Andi Miswar, didampingi sekretaris, Aidil Fitrah melaporkan bahwa program lampoeng Alquran spesial Ramadhan di tahun 2022 tersebut dilaksanakan selama 20 hari dan diikuti oleh 150 santri yang telah terdaftar dengan program tahfidz Alquran, tahsin Alquran, bahasa Arab dan Iqra'. Mereka  akan diwisuda  pada malam Idhul Fitri 1443 H.


“Peserta Kemugkinan akan terus bertambah, di mana Acara ini berlangsung hari Sabtu,  7 Ramadhan 1443 H bertepatan dengan 9 April 2022. Kita telah menghadirkan tenaga pengajar yang sangat profesional di bidangnya,” ujar Andi, selaku ketua panitia.

Disisi lain, Ketua Remaja Mesjid Besar Al Khalifah Ibrahim Matangkuli, Tgk M Jafar Sulaiman didampingi Sekretaris Tgk Zulfadli Hasan mengatakan bahwa spesial Ramadhan Kampoeng Alquran 2021 digratiskan untuk puluhan anak yatim.

"Alhamdulillah, program Kampoeng Alquran 2021 ini kita gratiskan biaya pendidikan kepada puluhan anak yatim.  Karena,  momentum Ramadhana ini juga kita arus utamakan berbagi dan peduli keada anak yatim, di mana mereka juga layak kita fasilitasi untuk meraih pendidikan berbasis Alquran," papar Ja'far


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PK KNPI Matangkuli, Aiyub bersama-sama seluruh panitia pelaksana akan berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik,.

"Dan akan siap menjadikan program Kampoeng Al-Quran 2022 Akan Lebih Meriah dari Tahun 2021 hingga sesi wisuda akbar nantinya di malam idul fitri,"jelas Aiyub.

Dikesempatan itu, Ketua Umum IMPELMA Banda Aceh, Rifki Ismail  SAg Mengatakan bahwa pendidikan maju adalah pendidikan yang berbasis karakter.  Katanya,  program Kampoeng Al-quran merupakan perpindahan media belajar peserta didik di bulan suci ramadhan dari ruang kelas di Madrasah/sekolah ke Masjid yang diselenggarakan selama 20 hari sebagai agenda tahunan di setiap bulan suci ramadhan.

Lebih lanjut Rifki mengatakan, perkembangan Digitalisasi di Era Revolusi Industri 4.0 menimbulkan kekhawatiran kita bagi para generasi. 

"Jika mereka disibukkan dengan gadget dan lain sebagainya,maka Kampoeng Al-Qur’an setidaknya kita berharap dapat menjadi ruang akademik yang berbasis pendidikan Agama Islam dibulan ramadhan yang dapat mengurangi upaya terjadinya Learning lost dengan berbagai tantangan dan upaya,"pungkasnya

Ia juga mengharapkan, kegiatan program kampung Alquran ini juga dapat mengurangi adanya kesenjangan, melahirkan ruang edukasi dan mereka mendapatkan role model yang terus dapat diteladani.

Selain itu, Rifki juga menegaskan bahwa program Kampoeng Al-Quran akan memberi hasil maksimal jika juga didukung oleh perhatian yang baik dari oranng tua santri.

Kampung Al-Qur'an yang sudah berusia 3 Angkatan ini diharapkan agar terus menjadi edukasi dan menginspirasi bagi peserta didik.

"Selain itu juga kami memohon terus dukungan dari semua pihak, baik dari pihak pemerintah, Instasi swasta maupun mitra lainnya guna kampoeng Al-Quran 2022 agar dapat berlangsung meriah dan khidmat hingga Malam Puncak nantinya,yaitu sesi wisuda Akbar pada malam Idul Fitri 1443H,"tegas Rifki


Dalam kegiatan pembukaan itu juga dihadiri oleh Abu Raja selaku Imam Mesjid Besar Al-Khalifah Ibrahim, dan juga Tgk H Muhammad Yusuf yang juga mewakili unsur Penasehat.

Abu Raja Imam juga berharap senantiasa program kreatif ini dapat terus diinisiatori dan dipelopori oleh pemuda, santri dan mahasiswa hebat matangkuli yang terus merawat kekompakan melahirkan energi yang positif yang baik untuk harapan dan prestasi terbaik bagi agama dan bangsa.

Kegiatan kampung Qur'an ini didukung oleh pemerintah kecamatan Matangkuli, melalui camat Edwar BA.

"Di Matangkuli telah terbentuk satu program yang mulia ini sebagai wadah memahami dan menyelematkan generasi emas Aceh Utara dari bahaya wawasan menyimpang dan kebatilan. Maka,  kami juga berharap panitia bisa mengembangkan kegiatan ini hingga mampu dinikmati dan dapat diikuti oleh seluruh putra putri matangkuli khususnya, dan Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh teladan,” ujarnya.

“Terus pertahankan yang baik-baik, perbaiki, evaluasi serta ciptakan inovasi, senanntiasi program seperti ini dapat terus berlanjut danpa batasan waktu nantinya” tandas Edwar BA.

Acara ini berlangsung dengan penuh khidmat yang ditutup dengan pembacaan doa oleh Ketua Tastafi Aceh Utara, Waled H Sirajuddin Hanafi. Ia juga merupakan pimpinan Dayah Babussslam Al Hanafiyah Matangkuli. (A)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.