News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

IKB Alumni UBH Kota Arang Sawahlunto Sukses Gelar Donor Darah, Peserta Sangat Antusias

IKB Alumni UBH Kota Arang Sawahlunto Sukses Gelar Donor Darah, Peserta Sangat Antusias


SAWAHLUNTO, WARTAPEMBARUAN.CO.ID - Darah merupakan salah satu komponen utama bagi tubuh. Perannya sebagai alat transportasi dalam tubuh menjadikannya salah satu faktor penting dalam kehidupan. Kekurangan darah di dalam tubuh dapat memacu jumlah penyakit dimulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung dan beberapa penyakit lainnya.


Selain itu Donor darah merupakan suatu kegiatan menyumbangkan darah untuk maksud dan tujuan tranfusi darah. Upaya kesehatan tranfusi darah adalah upaya kesehatan yang bertujuan agar penggunaan darah berguna bagi keperluan pengobatan dan pemulihan kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Ikatan Keluarga Besar (IKB) Alumni UBH Kota Arang Sawahlunto yang juga sekaligus Walikota Sawahlunto, Deri Asta, SH., Rabu (22/06/2022). Kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Sawahlunto, Bank Nagari dan Khas Ombilin Hotel tersebut dilaksanakan di Gedung Pusat Kebudayaan, Kota Sawahlunto.

Deri Asta berharap melalui kegiatan donor darah tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak yang membutuhkan darah.

"Banyak saudara kita yang saat ini membutuhkan bantuan donor darah. Setetes darah yang kita punya dapat menyelamatkan banyak nyawa," lanjut Deri Asta.

Deri Asta mengatakan kegiatan donor darah tersebut rutin dilakukan olah Ikatan Keluarga Besar Alumni UBH Kota Arang dan merupakan salah satu wujud kepedulian alumni UBH untuk masyarakat Kota Sawahlunto. Ia juga mendorong alumni-alumni UBH untuk bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan donor tersebut agar alumni UBH semakin banyak yang bergabung dalam kegiatan-kegiatan positif dan solid untuk kedepannya.

Ternyata, lanjut Deri Asta, antusias para alumni dan masyarakat cukup besar sehingga donor darah ini rutin di gelar dan terbuka untuk umum.

Ditempat yang sama, Tri Darma Satria Ketua Panitia sekaligus Kabid Pariwisata IKB Alumni UBH Kota Arang menuturkan antusias alumni dan masyarakat yang ikut mendonorkan darah sangat tinggi.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat bersama alumni UBH Sawahlunto sangat tinggi untuk mendonorkan darah. Itu terbukti dengan ratusan peserta yang ikut mendaftarkan sampai siang ini," ujar Adek Sapaan akrabnya.

Tri mengungkapkan, karena alasan kesehatan pendonor dan stok golongan darah O yang melimpah membuat hanya 35 kantong darah yang berhasil diperoleh sampai siang ini.

"Semoga kegiatan donor darah ini bisa berjalan dengan baik sampai akhir nanti dan banyak kantong yang didapatkan serta terasa kebermanfaatan untuk orang lain yang membutuhkan," pungkasnya. (Zaki)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.