Iklan

Plt Wali Kota Pematangsiantar Diwakili Kadis Pariwisata Hadiri LTKK Siswa SMA/SMK/Pesantren

warta pembaruan
21 Juni 2022 | 6:00 PM WIB Last Updated 2022-06-21T11:31:00Z


Siantar, Wartapembaruan.co.id -- Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kota Pematangsiantar menggelar Lomba Tangkas Terampil Koperasi (LTTK) bagi Siswa-siswi SMA/SMK/Pesantren se-Kota Pematangsiantar. Kegiatan tersebut dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Koperasi Tahun 2022.

Lomba yang diadakan di Hotel Sapadia, Jalan Diponegoro Pematangsiantar, Selasa (21/6/2022) sekitar pukul 09.00 WIB itu dihadiri Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA, yang diwakili Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kusdianto SH.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Kadis Pariwisata Kusdianto SH dalam sambutannya menyampaikan, setelah lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Kota Pematangsiantar, tentunya berpengaruh pada kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Dampaknya bukan hanya pada kesehatan, tetapi kepada berbagai sektor perekonomian yang berkonsekuensi pada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Koperasi sebagai salah satu badan usaha pun turut merasakan dampaknya. Hal ini mendorong semua pelaku usaha untuk bangkit dengan meningkatkan kembali geliat ekonomi masyarakat dengan memperdayakan UMKM dan koperasi,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, Gerakan Memasyarakatkan Sadar Koperasi (Gemaskop) terus dilaksanakan. Salah satunya dengan mengadakan Lomba Tangkas Terampil Koperasi (LTTK) sebagai upaya menumbuhkan generasi muda agar mengenal koperasi, dan pada akhirnya kelak menjadi pelaku usaha yang berbadan hukum koperasi.

“Kepada seluruh peserta, agar bertanding secara sportif. Bertarunglah sebagai generasi yang tangguh dan berdedikasi tinggi. Siapapun yang nanti menjadi pemenang mari kita terima dengan lapang dada. Seorang pemenang akan lahir melalui proses/latihan dan disiplin,” jelasnya.


Dilanjutkannya, di dunia ini ada dua orang yang sulit dikalahkan, yakni orang sabar dan orang yang tidak mudah menyerah.


“Akhirnya saya ucapkan selamat berlomba dan tetaplah semangat!" tukasnya.

Sebelumnya, Plt Kadis Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kota Pematangsiantar Herbert Aruan SPd MH dalam laporannya menyampaikan, kegiatan LTTK Tingkat SMA/SMK/Pesantren ini sebagai bagian dari Gemaskop.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah pemahaman koperasi dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda yang berbentuk koperasi. Kita berharap anak-anak ini kelak menjadi pelaku koperasi yang tangguh dan handal," terangnya.

Sedangkan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Pematangsiantar melalui Wakil Ketua Dr Ruston Nababan MPdK mengatakan Dekopinda sangat menyambut baik penyelenggaraan kegiatan tersebut. Juga mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pematangsiantar.

"Dengan kegiatan ini, semoga aksn semakin memasyarakatkan koperasi, khususnya di kalangan pelajar sebagai generasi bangsa. Koperasi adalah Sokoguru Perekonomian Indonesia yang harus tetap kita tumbuh-kembangkan," katanya.

Adapun pemenang Lomba LTTK yakni juara 1 SMA Negeri 4, juara 2 SMA Sultan Agung, dan juara SMA RK Bintang Timur. Juara Harapan 1 SMA Kalam Kudus, juara Harapan 2 SMA Negeri 2, dan juara Harapan 3 SMA Teladan.

Hadir pada acara tersebut, para Kepala SMA/SMK/Pesantren se-Kota Pematangsiantar; Dewan Juri; serta peserta LTTK. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Plt Wali Kota Pematangsiantar Diwakili Kadis Pariwisata Hadiri LTKK Siswa SMA/SMK/Pesantren

Trending Now

Iklan