Iklan

Dukung Turnamen U-16 Nusantara Open, Ini Kata Menpora dan PSSI

warta pembaruan
13 Juli 2022 | Rabu, Juli 13, 2022 WIB Last Updated 2022-07-13T09:08:05Z


JAKARTA, Wartapembaruan.co.id -- Gagasan Prabowo Subianto menyelenggarakan Turnamen Nusantara Cup untuk menjaring talenta muda pesepakbola U-16 kian mantap. Sebanyak 16 tim akademi sepakbola terbaik dari Aceh hingga Papua akan bertarung memperebutkan Piala Prabowo Subianto dan 30 tiket bagi the best player yang akan menjadi cikal bakal siswa Akademi Garuda Nusantara.


Demi suksesnya Nusantara Cup, Ketua Panitia penyelenggara Aji Bintara dan Dewan Pengarah Nusantara Cup, bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga Dr.Zainudin Amali dan menyampaikan rencana pelaksanaan turnamen tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. Zainudin Amali saat bertemu Pantia Nusantara Cup, mengapresiasi dan mendukung dibentuknya Akademi Garuda Nusantara yang akan mencari bibit atletnya melalui Turnamen U-16 bertajuk Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022.

Menpora Amali merasa salut karena akademi sepakbola inisiasi Prabowo Subianto ini akan membina talenta atlet usia muda dengan mengedepankan sport science sesuai dengan Inpres No.3 tahun 2019 serta Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Saya dengar ini saja senang, artinya sebagian dari kerjaan pemerintah ini ada yang membantu, yakni Inpres No.3 tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional," kata Menpora Amali saat menerima audiensi Ketua Panitia Nusantara Open Piala Prabowo 2022, Ketua Pengara Fary Francis Bersama Ketua Panitia Aji Bintara di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7).

Menpora Amali menilai pasar industri sepakbola nasional sangat besar bahkan setara dengan pasar sepakbola negara-negara Eropa. "Pasar sepakbola kita setara dengan negara-negara Eropa. Saat terhenti karena pandemi kira-kira kita kehilangan sekitar Rp 3 triliun per tahun. Saya senang karena ini sistematis dan mengedepankan sport science," kata Menpora Amali.

Menpora Amali berkomitmen mendukung, terlebih dalam DBON perguruan tinggi memberikan dukungannya luar biasa terutama dalam sport sceince. "Kita akan support dan dukungan dari perguruan tinggi luar biasa terutama sport sceince yang tertuang dalam DBON, sehingga bisa berkolaborasi dengan baik," tambah Menpora Amali.

"Salam hormat saya dan saya salut dengan Pak Prabowo luar biasa. Kita punya harapan besar dengan kita bangun sepakbola kita ini. Yang penting kita membina dari usia dini dan sistematis," pungkas Menpora Amali.

Ketua Panitia Pengarah, Fery Francis menyampaikan, dirinya diminta Prabowo Subianto untuk melaporkan kepada Menpora Amali terkait Turnamen U-16 bertajuk Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022.

"Terima kasih Pak Menteri telah menerima kami, kami diminta Pak Prabowo untuk melapor kepada Pak Menpora. Memang ini diinisiasi oleh Pak Prabowo. Intinya ujungnya nanti akan didirikan akademi sepakbola berskala internasional," kata Fery.

Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 akan diikuti 16 tim dimulai pada tanggal 16 hingga 31 Juli 2022. "Kita pembedanya memakai big data jadi yang membedakan dengan turnamen-turnamen usia dini lain. Big data ini nantinya akan dites ke masing-masing pemain dan kita melibatkan lebih dari 20 talent scouting dari PSSI," tambah Ketua Panitia Pelaksana, Aji Bintara.

Turnamen ini akan melibatkan banyak ofisial broadcaster yakni Emtek Grup dan Garuda TV secara live. Kedepan akan ada maraton gema sepakbola dari Nusantara Open ke Piala Dunia hingga ke Piala Dunia di Indonesia.

"Momentum ini yang harus dipertahankan selama setahun kedepan, pasca pandemi juga sebagai momentum kembalinya industri sepakbola nasional yang semakin bergairah.  Semua pemain dan ofisial sudah diasuransikan dalam kejuaraan ini," pungkas Aji.

Momentum pertemuan dengan Menpora Zainudin Amali diakhiri dengan pemberian kaos salah satu peserta Nusantara Open, Akademi Bintang Timur Atambua, yang disampaikan langsung Manejer Tim Serena Francis. Menpora tampak senang menerima cindramata dari satu-satunya manejer perempuan milenial dari tapal batas RI-Timor Leste.

Sehari sebelumnya di kantor Badan Liga Indonesia, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan beserta jajarannya telah menerima Panitia Nusantara Open. Hal yang sama telah disampaikan kepada Ketum PSSI tentang agenda pelaksanaan Turnamen Nusantara Cup.

“PSSI akan dukung, saya sudah dengar laporan dari Sekjen PSSI karena sudah ada pertemuan sebelumnya dengan panitia Nusantara Cup. Dukungan full akan kami berikan, baik dari perwasitan, telescouting hingga media officer PSSI akan kita kerahkan”, tegas Iwan Bule begitu Mochmad Iriawan disapa.

Saat menerima Pantia Nusantara Cup, Iwan Bule didampingi Sekjen PSSI Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Safri dan bidang Media Liga Indonesia. Sementara dari Panitia Nusantara Cup hadir, Ketua Panitia Aji Bintara, Sekretaris M. Azan, Bidang Pertandinga  M.Jaelani,  Ketua Pengarah Fary Francis dan Oni Hardjanto.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung Turnamen U-16 Nusantara Open, Ini Kata Menpora dan PSSI

Trending Now

Iklan