Iklan

Hutang Indonesia Aman? Rizal Ramli: Jangan Bandingkan dengan AS dan Jepang

warta pembaruan
13 Juli 2022 | 3:49 PM WIB Last Updated 2022-07-13T08:49:07Z


JAKARTA, Wartapembaruan.co.id – Banyak faktor yang mempengaruhi krisis ekonomi hingga krisis politik di Sri Lanka. Gagalnya sebuah negara didominasi oleh kegagalan dalam membayar utang hingga terjadi kolaps.

Ekonom senior Dr Rizal Ramli memperingatkan terkait kejadian di Sri Lanka juga harus diwaspadai Indonesia. Utang negara Indonesia saat ini pun sudah sangat besar.

Mantan Menko Ekuin di era Presiden Gus Gur ini nenyebut Indonesia harus membayar pokok utang sebesar Rp 400 triliun tahun ini, sedangkan untuk membayar bunga Rp 405 triliun sehingga totalnya mencapai Rp 805 triliun.

“Untuk bayar bunganya aja masih pinjam. Itu bukan gali lobang tutup lobang, tapi gali lobang tutup jurang,” ujar Rizal Ramli dalam program yang ditayangkan salah satu stasiun TV swasta nasional yang bertajuk “Catatan Demokrasi” pada Selasa malam (12/7/2022).

RR merasa heran jika ada yang membandingkan utang Indonesia dengan Amerika Serikat hingga Jepang, yang seolah utang Indonesia masih terbilang aman.

“Itu perbandingan super ngawur. Karena AS bisa nyetak dolar berapa aja karena dia super power. Begitu hegemoni super power-nya sudah enggak ada ya kolaps. Jepang beda, sebagian besar utangnya dalam negeri, net asset dia yang menghasilkan devisa banyak sekali, kalau kita (Indonesia) negatif,” tegasnya.

RR juga menceritakan ketika ia memprediksi perekonomian nasional pada tahun 1997 silam, ia dihakimi dan dibantah habis-habisan oleh pihak Bank Indonesia.

Namun nyatanya, dan sejarah mencatat Indonesia kolaps pada 1998, terjadi krisis moneter hingga orde baru tumbang.

Rizal pun secara tegas membantah omongan sejumlah pihak yang menyebut ekonomi Indonesia aman Nyatanya rontok,

“Analisa kita yang bener. Apa dampaknya buat rakyat? Untuk membayar itu harus diterbitkan Surat Utang Negara (SUN) dengan gild 6,5 persen. Akibatnya apa? Akibatnya uang yang berlebih disedot oleh negara,” jelas RR.(*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hutang Indonesia Aman? Rizal Ramli: Jangan Bandingkan dengan AS dan Jepang

Trending Now

Iklan