News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Naga Pitu Kelurahan Terbaik di Kota Pematangsiantar, Melaju ke Lomba Tingkat Provinsi Sumut

Naga Pitu Kelurahan Terbaik di Kota Pematangsiantar, Melaju ke Lomba Tingkat Provinsi Sumut


Pematangsiantar, Wartapembaruan.co.id -- Kelurahan Naga Pitu Kecamatan Siantar Martoba terpilih menjadi Kelurahan Terbaik I Tingkat Kota Pematangsiantar. Disusul Kelurahan Aek Nauli Kecamatan Siantar Selatan sebagai Terbaik II, dan Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat Terbaik III. Karenanya, Kelurahan Naga Pitu akan mengikuti Lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2022.


Menjelang penilaian Kelurahan Naga Pitu oleh tim dari Provinsi Sumut, digelar Rapat Persiapan Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022. Rapat dipimpin Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Utari Siregar AP di Kantor Lurah Naga Pitu Kecamatan Siantar Martoba, Selasa (12/7/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Lurah Naga Pitu Sahara Sinaga dalam sambutannya menyampaikan berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Pematangsiantar Nomor 100/637/VII/WK- THN 2022 tentang Penetapan Kelurahan Terbaik I, II, dan II Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2022, Kelurahan Naga Pitu terpilih sebagai juara pertama. Hal tersebut, katanya, merupakan suatu anugerah Kelurahan Naga Pitu yang memiliki luas wilayah 0,637 kilometer persegi.

"Wilayah Kelurahan Naga Pitu sangat kecil. Tetapi oleh tim penilaian, kami diberikan anugerah untuk untuk mewakili Kota Pematangsiantar menjadi kelurahan terbaik, dengan segala keterbatasan," katanya.

Pada pertemuan tersebut, Sahara memohon kepada seluruh SKPD dan unit kerja Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar memberikan bantuannya untuk mensukseskan Kelurahan Naga Pitu mengikuti Pemilihan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022.

Sementara itu, Plt Wali Kota Susanti diwakili Sekda Budi Utari dalam arahan dan bimbingannya mengharapkan peserta rapat memperhatikan uraian-uraian tahapan dan yang harus dicapai agar Kelurahan Naga Pitu bisa bersaing di tingkat Provinsi Sumut.

"Kita harapkan tidak hanya berhenti sampai di provinsi, namun bisa sampai di tingkat pusat. Mudah-mudahan Ibu Lurah tetap semangat dan bekerja dengan hati. Sehingga bisa bertemu Presiden nanti di 17 Agustus di Istana Negara," sebutnya.

Dilanjutkan Sekda Budi Utari, setelah Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Pemko Pematangsiantar  memberikan arahan, selanjutnya masing-masing OPD dapat memberikan bantuan sesuai bidang masing-masing.

"Tolong kita semua untuk dapat berkolaborasi. Karena kehadiran kami hari ini langsung atas keinginan dan instruksi Ibu Wali Kota untuk mensukseskan Kelurahan Naga Pitu mengikuti Perlombaan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara," tukasnya. 

Kepada seluruh OPD yang menangani secara teknis, diminta bantuan dan full support-nya. 

"Kita harus bisa mengaplikasikan keinginan pimpinan. Kemudian juga mewujudkan program-program yang telah digulirkan Ibu Wali Kota. Kalau memang bisa, disandingkan dengan visi misi Ibu Wali Kota," ujarnya.

Kepala Bagian Tapem Pemko Pematangsiantar Tito Zendrato STTP menyampaikan Surat Keputusan Wali Kota Nomor 100/637/VII/WK Tahun 2022, Kelurahan Naga Pitu Kecamatan Siantar Martoba ditetapkan sebagai Kelurahan Terbaik tingkat Kota Pematangsiantar. Disusul Kelurahan Aek Nauli Kecamatan Siantar Selatan sebagai Terbaik II, dan Kelurahan Bantan Kecamatan Siantar Barat sebagai Kelurahan Terbaik III.

"Anggaplah minggu depan tim akan turun, jadi tentunya membutuhkan persiapan sebagaimana tadi arahan Bapak Sekda. Walaupun Kelurahan Naga Pitu sebagai Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Pematangsiantar, namun marilah kita dukung bersama-sama karena Kelurahan Naga Pitu nanti yang akan mewakili wajahnya Kota Pematangsiantar," ajaknya.

Ditambahkan Tito, Kota Pematangsiantar sudah lama tidak mengikuti Lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut. Namun tahun ini, Kelurahan Naga Pitu telah ditetapkan mewakili Kota Pematangsiantar untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi Sumut.

Tito memaparkan indikator-indikator yang menjadi bahan penilaian, antara lain kelengkapan sarana dan prasarana pendukung pelayanan seperti gedung kantor, gedung pertemuan adat, mesin tik, kendaraan, struktur organisasi, jaringan listrik, internet, perpustakaan kelurahan, dan lain-lain.

Kepada OPD terkait, indikator-indikator ini agar terpenuhi sehingga kita dapat membantu dan berkoordinasi dengan Kelurahan Naga Pitu agar indikator-indikator yang telah kami tabulasi dapat dipenuhi dan dipersiapkan," jelasnya.

Sedangkan Plt Kepala Bappeda/Kabag Orta Pemko Pematangsiantar Farhan Zamzamy SH mengatakan pihaknya siap membantu Kelurahan Naga Pitu. Terutama terkait standar pelayanan.

Harapannya, lanjut Farhan, Kelurahan Naga Pitu menjadi percontohan standar pelayanan publik di tingkat kelurahan di Kota Pematangsiantar.

"Kita bisa kaitkan dengan Program 5S, yakni Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun terkait standar pelayanan terhadap masyarakat," pungkasnya.

Turut hadir, Staf Ahli Bidang Pembangun Dr Daniel Siregar, OPD terkait, dan para camat se-Kota Pematangsiantar. (*)

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.