Iklan

PBNU Lantik Pengurus PCNU Pasaman Barat

warta pembaruan
08 Juli 2022 | Jumat, Juli 08, 2022 WIB Last Updated 2022-07-08T03:27:40Z


PASAMAN BARAT, WARTAPEMBARUAN.CO.ID - Ketua PWNU Sumbar Prof. Ganefri mengatakan, pertama kali PCNU di Sumbar yang dilantik langsung PBNU yang diwakili Wakil Ketua Umum PBNU adalah PCNU Kabupaten Pasaman Barat. Ini pertanda NU Pasaman Barat mendapat perhatian.

Demikian diungkapkan Ketua PWNU Sumatera Barat Prof. Ganefri ketika pelantikan Pengurus Cabang NU Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (7/7/2022) di aula Bupati Pasaman Barat. Pelantikan oleh Waketum PBNU Nusron Wahid, dihadiri Wabendum PBNU Azwandi Rahman, Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto, Kepala Kemanag Pasaman Barat Muhammad Nur, Staf Ahli Pembangunan Bupati Pasaman Im Nasution.

Menurut Ganefri, PCNU harus berkontribusi kepada masyarakat di lingkungannya. Kehadiran Nusron Wahid harus jadi spirit bagi NU Pasaman Barat untuk meningkatkan perannya dalam masyarakat.

"Perkembangan NU di Sumbar pada kepengurusan PWNU Sumbar saat ini sudah dilantik 16 cabang. Selain itu, dukungan terhadap NU dari Pemerintah daerah terlihat tinggi. Sehingga NU mulai mendapat perhatian juga oleh masyarakat untuk berkiprah di NU," kata Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang.

Menurut Ganefri,  kini sudah ada Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat. Sebanyak 10 prodi yang sudah terakreditasi. Di Pasaman Barat sudah ada orang yang mau wakafkan tanah untuk UNU Sumbar.

Dikatakan Ganefri, kita mengembalikan marwah orang Minang melalui organisasi, misalnya melalui NU ini. "Sumbar jangan terlena dengan tokoh-tokoh hebat masa lalu. Kita harus bangkit agar lahir tokoh dari Sumbar," kata Ganefri menambahkan.

Wakil Ketua Umum PBNU Nusron Wahid menyebutkan tugas NU itu adalah menjaga ulama dan akidah umat. Menjaga ulama karena organisasi agama ada ulamanya. Sedangkan ulama tugasnya menjaga akidah umat.

"Kata ulama dalam Alqur'an ada dua. Kemudian ada tiga syarat ulama. Peetama, harus alim. Karena itu, Syuriah NU harus alim. Kedua, takut pada Allah. Antara omongan, hati dan matanya harus sama. Kalau takut kepada Allah, pasti omongan, hati dan perbuatan sama. Yang punya  NU itu ulama. Ketiga, selalu mendedikasikan dirinya untuk kepentingan umat. Apa yang dimilikinya untuk umat. Ilmu, waktunya diberikan untuk umat," kata Nusron Wahid mantan Ketua Umum PP Gerakan Pemuda Ansor.

Menurut Nusron, NU menjadi mayoritas di Indonesia. Kini NU sudah berusia 100 tahun. Karena NU membawa keberkahan kepada umat, sehingga NU menjadi besar dan masih bertahan hingga kini. Hal itu karena NU merupakan  organisasi yang membawa manfaat untuk masyarakat.

Ketua PCNU Pasaman Barat Nasrullah Sudirman  mengatakan kegiatan PCNU Pasaman Barat adalah pematangan pengurus cabang sampai ranting.
NU Pasaman Barat diharapkan mandiri. Penataan struktur organisai, kemandirian NU, hubungan internal dan eksternal dengan berbagai pihak.

PCNU Pasaman yang dilantik antara lain  Rais Syuriah Islahuddin, Katib Abdul Wahid, Ketua Tanfidziyah Nasrullah Sudirman, Sekretaris Alizar Nasution dan Bendahara Khairunnas. (Zaki)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PBNU Lantik Pengurus PCNU Pasaman Barat

Trending Now

Iklan