Iklan

45 Juta Penghasilan Sebulan. Jual AQUA Tinggalkan Pekerjaan Kantoran

warta pembaruan
09 Agustus 2022 | 9:30 AM WIB Last Updated 2022-08-09T02:30:40Z

Foto :
Aktivitas Usaha Bisnis  AQUA  Rumah Tangga Milik Syahbeni di Jl.Brigjend Katamso Medan.(Foto : Istimewa)

Medan, Wartapembaruan.co.id -- Di sebuah ruko sederhana di Jalan Brigjend Katamso Kecamatan Medan Maimun Medan terlihat Syahbeni (48 tahun) pemilik AHS (AQUA Home Service) Keluarga sedang membantu anak buahnya mempersiapkan AQUA kemasan galon sebelum dikirim ke pelanggan. Syahbeni  begitu teliti memperhatikan kebersihan dan keamanan produk sebelum sampai di tangan pelanggan.


“Bagi saya pelayanan yang baik  dan cepat kepada pelanggan salah satu kunci sukses dalam pengelolaan AHS,” kata  Syahbeni  akrab dipanggil Beni ,Senin  (8/8/20232).

AHS Keluarga yang diusahainya , awalnya dijalankan almarhumah ibunya tahun 2011.Waktu itu kami anak-anaknya sepulang kerja dari  ikut membantu beliau mengangkat galon atau membantu pekerjaan lain. Kemudian  November 2012 saat akan dipindahkan ke Palembang oleh perusahaan logistik tempat saya bekerja,Beni  memutuskan untuk berhenti dan mulai sepenuhnya mengelola AHS Keluarga. Kini AHS telah menjadi milik saya sepenuhnya,” sebut  Beni.    

Perjalanan Beni  bersama AHS Keluarga  memang  melewati perjuangan dan kerja keras. Ia selalu menyempatkan diri sejam sehari  menyebarkan kartu nama atau flyer berisi keterangan tentang AHS Keluarga dan  digantungnya di pagar-pagar rumah komplek sekitar Kecamatan Medan Maimun. Alhasil pelangganpun mulai meningkat secara bertahap. “Pada saat mulai menjalankan AHS Keluarga kami hanya mampu mengambil 50 galon per bulan. Itupun tidak habis dalam sebulan. Namun seiring dengan peningkatan pelanggan kami mampu menjual 10.000 galon dalam sebulan,” ungkap. Beni.

Keuletan Beni ternyata  membuahkan hasil menggembirakan. Dibantu 7 orang yang menangani pengantaran produk, 7 betor (becak motor) sebagai sarana pengantaran, dan seorang tenaga administrasi Beni  mampu mengantongi penghasilan sekitar Rp.45 juta sebulan dari penjualan AQUA kemasan galon, botol, dan gelas. Itupun belum termasuk penjualan elpiji.

Bagaimana strategi Beni mengembangkan usaha AQUA ?. Prinsipnya adalah semangat,kerja keras,yakin. Setelah ikut membantu almarhumah ibu saya sekitar setahun , saya yakin usaha rumah tangga ini bisa dikembangkan dan menjadi sumber kehidupan saya dan keluarga", ungkap Beni.


Strategi lain adalah kita mesti melayani konsumen dengan baik dan cepat.Taulah , yang kita layani mamak-mamak, jangan sampai mereka kecewa karena AQUA  lambat diantar,ujar Beni.


Untuk " jaga  langganan ",Beni juga memberi "service" yang dimulai tahun 2021. Dalam setiap  hari besar keagamaan, dia menyisihkan keuntungannya dengan memberi syrup.Tahun 2022 ini saya rubah mem beri "service'" air minum gelas, ungkap Beni.


Ini bukti  bentuk pengembangan ekonomi masyarakat (economic development) yang dilakukan Danone-AQUA  melalui program AHS (AQUA Home Service).

Program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat terutama para ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa meninggalkan rumah.

Siapa tertarik   ikut program ini ?. Tidak  sulit,   hanya perlu menyediakan tempat, modal  tidak terlampau besar, tentu  adanya  keinginan menjual dan menyebarluaskan pola hidup sehat melalui air  minuman mineral  produk  AQUA.

"Kami akan mempersiapkan sarana penjualan seperti papan nama, ambalan untuk penyusunan galon dan  edukasi untuk dapat melayani pelanggan dengan baik,” kata  Regional Sales Manager Danone-AQUA wilayah Sumatera Hendro Marpaung.

Kepedulian Danone-AQUA terhadap masyarakat melalui program AQUA Home Service bertujuan untuk menciptakan modal sosial dan  kemandirian sosial.  Pelaksanaan program ini  selalu menitik-beratkan pada peran aktif masyarakat.  Selain dapat memajukan ekonomi keluarga, AHS juga berperan penting dalam memenuhi kebutuhan air minum berkualitas masyarakat Indonesia dan memastikan produk asli sampai ke tangan konsumen.

"Para pengelola AHS dapat ikut mengalirkan kebaikan kepada masyarakat luas untuk selalu mengkonsumsi produk AQUA berasal sumber air yang terlindungi, mengandung mineral alami yang terjaga baik dan proses produksi yang aman dan higienis," sebut Hendro Marpaung.

Dengan demikian visi Danone-AQUA “One Planet One Health” yang meyakini bahwa kesehatan bumi dan kesehatan masyarakat selalu memiiki keterkaitan dapat terwujud melalui suatu kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat melalui program AHS  untuk selalu fokus pada kesehatan dan pelestarian lingkungan.(red)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 45 Juta Penghasilan Sebulan. Jual AQUA Tinggalkan Pekerjaan Kantoran

Trending Now

Iklan