Iklan

Ciptakan SDM yang Unggul Pasca COVID-19, Kemnaker Siapkan Langkah Strategis Penyerapan Angkatan Kerja

30 Agustus 2022 | 6:51 PM WIB Last Updated 2022-08-30T11:51:45Z
Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), akan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul pasca COVID-19, dengan menyiapkan langkah strategis penyerapan angkatan dengan meningkatkan kapital digital tenaga kerja Indonesia.


"Melalui kapital digital, akses teknologi digital akan meningkat dan keterampilan memanfaatkan teknologi digital dapat dilakukan secara maksimal," kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi ketika memberikan Kuliah Umum Perdana Program Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan (MEKK) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia secara virtual, pada Selasa (30/8/2022).

Menurut Anwar, makin cepatnya perubahan dunia ketenagakerjaan akibat proses otomasi industri dan dampak COVID-19, mendorong adanya percepatan penggunaan teknologi digital dan online. Pihaknya telah menyiapkan strategi agar tetap bisa berperan dalam proses link and match pasar kerja yakni melalui pelatihan vokasi.


"Pelatihan vokasi menjadi solusi dari rendahnya daya saing angkatan kerja pada era digitalisasi lapangan pekerjaan pada masa pemulihan ekonomi," ujar Anwar.

Ia mengungkapkan, tantangan bangsa Indonesia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 adalah menyiapkan SDM unggul dan berdaya saing tinggi. "SDM unggul adalah kelompok angkatan kerja Indonesia yang profesional, produktif, mampu bersaing, dan siap menghadapi tantangan global serta revolusi industri 4.0 saat ini," ungkapnya.


Hal lain dikatakannya, yang menjadi perhatian seluruh pihak khususnya para pemangku kepentingan di sektor ketenagakerjaan adalah mengupayakan terciptanya grand design arah pengembangan ketenagakerjaan.


"Dibutuhkan langkah kolaboratif untuk memenuhi proyeksi kebutuhan tenaga kerja dimasa mendatang," pungkas Anwar Sanusi. 

(Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ciptakan SDM yang Unggul Pasca COVID-19, Kemnaker Siapkan Langkah Strategis Penyerapan Angkatan Kerja

Trending Now

Iklan