Iklan

Residivis Curanmor Ditangkap Sat Reskrim Polres Labuhanbatu

warta pembaruan
01 Agustus 2022 | 4:01 PM WIB Last Updated 2022-08-01T09:01:36Z


Wartapembaruan.co.id, Labuhan Batu -- AKP Rusdi Marzuki, SIK, MH, saat Konferensi Pers di Mapolres Labuhanbatu, Senin (01/08/2022)

Sat Reskrim Polres Labuhanbatu menangkap dan mengamankan 2 (dua) orang pelaku pencurian Sepeda Motor di Jalan Batu Sangkar Kelurahan Siodengan Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Dua tersangka yang diamankan yakni Inisial ST (33) warga Kelurahan Siodengan Kecamatan Rantau Selatan dan Inisial J als E (43) Warga Kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara.

Curi KLX, Residivis Curanmor Ditangkap Sat Reskrim Polres Labuhanbatu
“Mereka menyasar rumah-rumah kosong yang ditinggal penghuninya sementara atau gudang-gudang tempat penyimpanan yang tidak dijaga di seputaran kota Rantau Prapat." ujar Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu AKP Rusdi Marzuki, SIK, MH, saat Konferensi Pers di Mapolres Labuhanbatu, Senin (01/08/2022)

Dijelaskan AKP Rusdi Marzuki, Aksi pencurian ini terjadi pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 di Jalan Batu Sangkar Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Pelaku Inisial ST (33) sudah memantau Gudang yang terletak di belakang rumah Korban, kemudian pelaku mencari waktu yang pas untuk melakukan Aksi pencurian. Pada Pukul 02.00 WIB dini hari pelaku masuk ke dalam Gudang melalui Asbes yang terbuat dari pelepah sawit, lalu pelaku membuka kunci Engsel Gudang dan membawa 1 Unit Sepeda Motor Kawasaki KLX. Motor tersebut di dorong pelaku sampai simpang Perisai lalu pelaku menelepon Rekannya berinisial J Als E (43) untuk menaiki Motor KLX tersebut.

Kemudian didorong oleh Pelaku Inisial ST (33) menggunakan motor honda Beat dibawa menuju rumah Saudara K yang terletak di dekat rumah sakit umum Rantauprapat, setelah itu pelaku ST (33) Kembali ke Gudang tersebut untuk mengambil 1 unit motor Honda Astrea kerena kebetulan kunci motor tersebut menempel di motor dan pelaku juga mengambil jeket warna Pink, pelaku pun membawa motor tersebut ke rumah saudara K.

Pada tanggal 20 Juli sampai dengan 26 Juli 2022 Opsnal Timsus Polres Labuhanbatu melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan bukti-bukti petunjuk melalui rekaman CCTV yang tersebar di beberapa titik di seputaran TKP dan kota Rantau Prapat. Tanggal 27 Juli 2022 tim mendapat informasi dan petunjuk yang kuat bawah diduga pelaku pencurian tersebut berada di Lingkungan Taslim Kelurahan Sirandorung, kemudian tim bergerak ke alamat tersebut dan mengamankan pelaku ST (33) sekaligus pelaku J als E.


"Selanjutnya tim melakukan interogasi terhadap pelaku, bahwa Pelaku ST (33) merupakan residivis yang sudah 4 kali keluar masuk penjara dalam kasus yang sama. Kedua pelaku di proses dalam 3 perkara sekaligus yaitu pencurian dengan pemberatan, 2 perkara dan penggelapan sepeda motor 1 perkara, kemudian para pelaku dan barang bukti dibawa ke Polres Labuhanbatu guna proses lebih lanjut", jelas Kasat.


Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain 1 (satu) unit sepeda motor Kawasaki KLX, 1 (satu) unit sepeda motor Honda Astrea, 1 (satu) unit sepeda motor honda Beat, 1 (satu) buah kunci sepeda motor dan 1 (satu) buah jaket warna pink milik korbannya dipakai oleh TSK. Kerugian di perkirakan sebesar Rp.21.000.000,- (Dua puluh satu juta rupiah).

Akibat pebuatannya Pelaku Inisial ST (33) diterapkan pasal 363 ayat (1) ke 5 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 (tujuh) tahun dan pelaku inisial J als E (43) di terapkan pasal 480 ke 1 KUHP dengan ancaman Hukuman penjara paling lama 4 (empat) tahun.

Albert Hutagaol
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Residivis Curanmor Ditangkap Sat Reskrim Polres Labuhanbatu

Trending Now

Iklan