Iklan

Sekjen Kemnaker: Berbagai Tantangan Ketenagakerjaan Harus Dapat Direspon dengan Cepat

warta pembaruan
20 September 2022 | 6:33 PM WIB Last Updated 2022-09-20T11:33:53Z


Yogyakarta, Wartapembaruan.co.id - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengungkapkan, berbagai tantangan ketenagakerjaan yang ada saat ini harus dapat direspon dengan secepat-cepatnya.

"Kita ada di dalam titik waktu dimana saat ini ada transformasi yang sangat masif penggunaan teknologi pada setiap bagian pekerjaan," ungkap Sekjen Anwar Sanusi ketika menjadi pembicara pada seminar Ministerial Lecturer yang bertajuk Arah, Transisi, dan Implementasi Kebijakan Ketenagakerjaan Indonesia, di Auditorium Merapi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (20/9/2022).

Anwar mengatakan, semakin meningkatnya otomatisasi sekarang ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia ketenagakerjaan yang perlu disikapi dengan memaksimalkan potensi diri. "Munculnya jenis pekerjaan baru yang belum ada sebelumnya, mengakibatkan menurunnya kebutuhan akan jenis pekerjaan tertentu," kata Anwar.


Anwar menyebut, guna mengatasi masalah penempatan tenaga kerja, Kemnaker mulai menyusun kembali strategi agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, baik dalam maupun luar negeri yang menuntut adanya penyesuaian sistem penempatan tenaga kerja.


Salah satu tantangan bidang penempatan kerja, ucap Anwar Sanusi, adalah tingginya angka pengangguran terdidik.


"Bahkan, pengangguran dengan pendidikan tinggi terus bertambah. Hal ini menjadi suatu tantangan bagaimana merespon masyarakat dengan tingkat pendidikan tinggi mempunyai akses untuk mendapatkan lapangan kerja,” pungkas Anwar Sanusi. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekjen Kemnaker: Berbagai Tantangan Ketenagakerjaan Harus Dapat Direspon dengan Cepat

Trending Now

Iklan