Iklan

Upaya Kolaborasi Peluang Dalam Pemanfaatan Komunikasi Positif dan Pembentukan Karakter Berkomunikasi Melalui Media Sosiam Kategori Khusus

warta pembaruan
16 September 2022 | 2:50 PM WIB Last Updated 2022-09-16T07:50:21Z


Wartapembaruan.co.id, Lombok Timur -- Merujuk petikan halaman redaksi 11/09/2022_Stafsus Gubernur NTB - Dedy Aris Sandi, 9/9/2022).

Fakta peradaban pola hidup baru yang mengalami pergeseran-pergeseran cara bertahan hidup menjadi inovasi untuk mencetuskan suatu gerakan sadar literasi, yang salah satunya adalah karya gerakan relawan dalam menyebarkan secara sukarela semangat kecintaan terhadap idiology pancasila, menyuarakan edukasi bijak digital saring serap sebar dimasa kini tanpa harus melunturkan dan melupakan nilai-nilai dan norma-norma yang terkandung dalam garis besar idiology pancasila indonesia oleh para leluhur nusantara terdahulu (CIRCLE D'OFFLINE TO ONLINE) MELALUI MEDIA SOSIAL INFORMASI, kepemudaan, sosial kemasyarakatan dan usaha mandiri buku tulis.

(Literasi Komunikasi BHM.C.NTB-Yogyakarta 15/09/2022).
Upaya kolaborasi terhadap peluang sederhana dan berdampak positif yang dilakukan oleh pegiat literasi komunikasi BHM.C-NTB Yogyakarata kali ini melalui aplikasi lemo (versi : 1.68.1) bersama para pegiat di komunitas lemo-Famili KSS (Keluarga Selalu Sehati) yang di ketuai oleh pemilik akun lemo ID-8064214 a.n. TIWOK (Jakarta Utara) bersama anggota grup lainnya.
"Mengerti, membaur, ikhlas, selalu sehati, jaga persaudaraan dalam perbedaan, tidak ada batasan perkubuan, menghormati satu sama lain dalam prilaku demi mewujudkan kebersamaan silaturahmi virtual tuntun ke real" menjadi pendulum utama pada komunitas virtual ini. Ungkap bersama oleh para pengurus lemo Famili KSS (akun lemo ID-9280603 a.n. ZHEZE, akun lemo ID-7420709 a.n. HASIAN, akun lemo ID-3767617 a.n. KHANZA, bersama akun lemo ID-anggota lainnya).

Sepintas sebelum memasuki ekosistem virtual di aplikasi lemo, kesan pertama bagi pengguna pemula adalah nuansa sebatas 99% hiburan. Akan tetapi sampai dengan beberapa pekan ini, berdasarkan hasil pengalaman pegiat literasi komunikasi yang diajukan sementara selaku pengguna akun aplikasi ini ditemukannya nilai-nilai edukasi yang berpotensi berpengaruh baik khususnya kepada pengguna media sosial umur dewasa.
"Didalam ekosistem aplikasi tersebut terdapat beberapa komunitas-komunitas yang melakukan aktivitas positif, seperti akitivitas-aktivitas live zoom dalam bentuk voice; keibadahan, forum diskusi antar pemuda-pemudi dan tingkat dewasa lintas nasional yang dilakukan secara rutinitas maupun berkala". (akun lemo ID-10613644 a.n. DODY bersama akun lemo ID-10420672 a.n. BN AZKA _15/09/2022).

Pada kesempatan ini, di ekosistem virtual aplikasi lemo tersebut, literasi komunikasi menggunakan akun No.ID-14099311 a.n. 14099311 LOMBOK selalu berupaya menanamkan nilai-nilai edukasi Destinasi, Budaya, Hubungan Komunikasi, dan Belajar Tanpa Batas Dalam Ruang Dan Waktu dengan penyajian gaya komunikasi terbatas diruang publik (KOMUNIKASI PRIVASI PUBLIK) tanpa harus melupakan norma yang terkandung terhadap KARAKTER BIJAK DI RUANG PUBLIK, penekanan saring-serap-sebar untuk selalu berusaha berpedoman pada lintas batasan-batasan terkendali.
Upaya giat yang dilakukan oleh para pegiat literasi komunikasi BHM.C.NTB-Yogyakarta ini merupakan salah satu bagian sederhana dengan bajet pengeluaran biaya yang rendah dalam memanfaatkan sarana media berkomunikasi positif guna menyebarkan gambaran umum secara garis besar tentang ideologi pancasila.

sumber :
(Thopan Lasmana)
Pewarta (Agus Hari)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upaya Kolaborasi Peluang Dalam Pemanfaatan Komunikasi Positif dan Pembentukan Karakter Berkomunikasi Melalui Media Sosiam Kategori Khusus

Trending Now

Iklan