Iklan

Warga Kp. Cikandang Desa Cimareme Kini Miliki Sumber Air Bersih

warta pembaruan
12 September 2022 | 7:27 PM WIB Last Updated 2022-09-12T12:27:43Z


Bandung, Jabar, Wartapembaruan.co.id -- Dalam rangka membantu kesulitan rakyat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih, Kodam III/Slw melakukan pemasangan instalasi air bersih di Kp. Cikandang RT 03 RW 08 Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen di Kantor Pendam III/Slw Jl. Aceh No. 69, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (12/09/2022).

Lanjutnya dikatakan, ini merupakan salah satu program dari Kodam III/Slw dalam membantu Pemerintah Daerah khususnya wilayah Jawa Barat.  Upaya tersebut dilakukan sesuai arahan Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P.  Dengan terealisasinya pemasangan instalasi air bersih tersebut,  ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari - hari cukup terbantu dan bisa dirasakan oleh masyarakat di Kp. Cikandang.

“Instalasi air bersih ini merupakan tindak lanjut dari adanya keluhan warga masyarakat di wilayah Kp. Cikandang kepada Dandim 0609/Cimahi,  terkait sumber air yang menjadi kebutuhan sehari – hari, airnya keruh, berwarna kuning dan beraroma yang tidak sedap (bau),” ujarnya.

Sementara dalam teknik pemasangannya, diarahkan langsung oleh Kazidam III/Slw Letkol Czi Rielman  Yudha bersama Danyonzipur 3/YW Mayor Czi Ryan Yustian S.E., M.Han. Kazidam mengarahkan personel Yonzipur 3/YW untuk menindaklanjuti pemasangan instalasi penjernih air yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh masyarakat setempat.

“Cara kerja penjernih air terdiri dari tiga tahap penyaringan (filter) dan dipasang secara ganda, pada tahap pertama terdapat sedimen filter dengan 10 Inci yang berfungsi untuk menyaring partikel yang besar seperti kotoran, lumpur, pasir serta debu. Kemudian tahap kedua terdapat cartridge filter pasir aktif super yang berfungsi untuk menurunkan kadar besi (fe) dalam air dan pada tahap akhir terdapat CTO dengan 10 Inci yang berfungsi untuk menyerap bau, warna serta rasa tak sedap seperti bahan kimia organik serta klorin,” jelasnya.

Lebih rinci dijelaskan Kapendam, setelah dipasangnya instalasi penjernih air inovasi Kodam III/Slw, terjadi perubahan yang signifikan, dari hasil laboratorium menunjukkan bahwa semula air berwarna kuning dan memiliki kandungan pH 5, setelah melalui proses penjernih air tersebut,  air menjadi jernih dan kandungan pH menjadi 6,86.

Sementara untuk perawatan, penjernih air ini cukup dengan membersihkan isian yang ada pada bagian filter air selama 1 bulan sekali yang bertujuan untuk menurunkan tingkat kekeruhan air, membunuh mikroorganisme, menghilangkan bau, rasa dan warna air. Juga untuk menekan kesadahan air (kandungan mineral terutama kalsium dan magnesium tinggi) sehingga zat berbahaya yang terlarut hilang serta tingkat keasaman atau pH dari air filter tersebut dapat teratur.

Budiono selaku Ketua Rt 03 Cikandang mewakili masyarakat Cikandang mengucapkan terima kasih kepada Pangdam III/Slw, Kazidam, Dandim Cimahi serta Danyonzipur 3/YW bersama prajuritnya yang telah memasang instalasi  penjernih air di Kampungnya.

“Alhamdulillah berkat bantuan Bapak-bapak TNI Kodam III/Slw, warga kami sekarang tidak lagi mengalami kesulitan air bersih. Dulu sebelum dipasangnya istalasi air bersih ini, warga kami dalam keperluan sehari-hari menggunakan air yang keruh dan terkadang tercium bau tidak enak. Semoga amal kebaikan Bapak-bapak TNI Kodam III/Slw, mendapat pahala yang berlipatganda,” ujar Budiono.

(Sumber:Pendam III/Siliwangi).
(Penulis:Mayor Amir)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Kp. Cikandang Desa Cimareme Kini Miliki Sumber Air Bersih

Trending Now

Iklan