Iklan

ASEAN Siapkan Pedoman Konseling dan Tes HIV di Tempat Kerja

warta pembaruan
26 Oktober 2022 | 9:15 PM WIB Last Updated 2022-10-26T15:02:46Z


Manila, Wartapembaruan.co.id
- Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI (Sekjen Kemnaker), Anwar Sanusi, mengatakan, Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN sudah menyiapkan Pedoman ASEAN tentang Konseling dan Tes HIV di Tempat Kerja.

“Panduan ini bertujuan untuk mendukung program pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS di tempat kerja," kata Sekjen Kemnaker saat menghadiri Pertemuan Pejabat Tingkat Senior Bidang Ketenagakerjaan ASEAN (Senior Labour Officials Meeting / SLOM) di Filipina, Rabu (26/10/2022).

Anwar menambahkan, Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN sudah melakukan beberapa lokakarya sebelum akhirnya merampungkan pedoman tersebut. Melalui panduan tersebut diharapkan dapat menjembatani kesenjangan antar negara-negara anggota ASEAN kaitannya dengan prosedur pencegahan penularan HIV/AIDS.

“Panduan tersebut akan memberikan prinsip-prinsip panduan dan mekanisme pelaksanaan yang direkomendasikan sebagai referensi yang membantu dalam melaksanakan konseling dan tes HIV bagi tenaga kerja," ucap Anwar Sanusi.

Selanjutnya, pedoman tersebut akan diserahkan untuk notasi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41. “Kami ingin mengundang semua negara anggota ASEAN untuk bergabung dengan kami pada 14 Desember 2022 untuk peluncuran besar Pedoman ASEAN tentang Konseling dan Tes HIV di Tempat Kerja," pungkas Sekjen Anwar Sanusi.

SLOM dihadiri oleh pejabat tingkat senior bidang ketenagakerjaan ASEAN yang berasal dari negara Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Viet Nam. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • ASEAN Siapkan Pedoman Konseling dan Tes HIV di Tempat Kerja

Trending Now

Iklan