Iklan

Media Asing Soroti Pemerintahan Jokowi Sebagai Sarang Mafia, Ini Kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI dan Tokoh Masyarakat

warta pembaruan
22 November 2022 | 9:22 AM WIB Last Updated 2022-11-22T02:22:54Z


JAKARTA, Wartapembaruan.co.id
- Ketua LSM Konsumen Cerdas Hukum,  Maria menyayangkan sikap Jokowi yang enggan menindak pejabat eksekutif pemerintahan yang diduga melawan hukum.  

Maria menyampaikan bahwa seorang anak kecil usia 15 tahun sampai berdemo dan mencari keadilan bagi ayahnya sedangkan Jaksa Agung Burhanudin yang diduga punya 3 identitas dengan 3 tahun lahir berbeda tidak di proses hukum. 


"Apa Presiden Jokowi ga malu, diprotes anak 15 tahun tentang equality before the law, bahkan perjuangan Kate Victoria Lim ini diliput di media internasional, South China Morning Post. Negara luar menyoroti bagaimana Indonesia adalah "Mafia Den". Inikah kesan yang Jokowi ingin negara asing pandang Indonesia?" katanya, Minggu (21/11/2022).

Sebelumnya, Kate Victoria Lim mengadakan ‘roadshow’ karena ayahnya diduga di kriminalisasi oleh oknum kejaksaan terhadap perkara yang ‘sudah incracth’ di MA tahun 2020. Namun,  perkara yang sama disidangkan kembali oleh Jaksa karena Alvin Lim yang vokal menyebut Kejaksaan Agung sarang mafia. 

Perjuangan Kate juga diliput berbagai Youtuber ternama seperti Uya Juya,  Refli Harun,  Akbar Faizal,  Eros Djarot dan Susno Duadji,  bahkan di tulis oleh Dahlan Iskan, pendiri Jawa Pos sebagai pejuang paling berani melawan oknum jaksa dan polisi yang merugikan masyarakat.

Link terkait: https://www.scmp.com/week-asia/people/article/3200222/no-viral-no-justice-detained-indonesian-whistleblower-alvin-lims-teenage-daughter-leads-social-media

South China Morning Post menyebut bagaimana Indonesia menjadi ‘Mafia Den’ di General Attorney Office, (Kejaksaan Agung sarang mafia) dan mendukung perjuangan Kate Lim mendapatkan keadilan.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa pada kesempatan yang berbeda juga menyebutkan bahwa Mahkamah Agung juga menjadi sarang Mafia, dengan adanya dua Hakim Agung tertangkap KPK.  Pernyataan ini mendukung pemberitaan media bagaimana di jaman Jokowi Aparat Penegak Hukum menjadi sarang mafia. 

Maria menghimbau agar Presiden bisa segera mengambil tindakan.  "Karena banyak orang berpandangan jaman Jokowi ini adalah jaman dimana penegakan hukum ada posisi kritis, hukum adalah panglima adalah teori. Praktiknya uang adalah panglima, mafia hukum dan mafia peradilan berjamuran,” katanya.

Ia mengatakan pengacara Alvin Lim, satu-satunya yang berani berujar lantang dan membayar mahal dengan dipenjarakan. Tidak ada kebebasan berpendapat di Indonesia,  hanya kiasan saja.

“Jika Jokowi tidak segera bertindak maka roadshow Kate Lim akan semakin menimbulkan stigma buruk masyarakat tentang kinerja pemerintahan Jokowi dan berimbas kepada politik dan pemilu yang akan semakin panas. Kelemahan penegakan hukum akan menjadi titik celah kejatuhan partai pendukung pemerintahan," tegasnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Media Asing Soroti Pemerintahan Jokowi Sebagai Sarang Mafia, Ini Kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI dan Tokoh Masyarakat

Trending Now

Iklan