Iklan

Penyaringan Bibit Atlet Berprestasi, Puluhan Siswa/i Ikuti Ajang FOP Perdana di Jambi

12 Desember 2022 | 12:09 PM WIB Last Updated 2022-12-12T05:09:25Z


Wartapembaruan.co.id, Jambi ~ 
Kegiatan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) tingkat Provinsi Jambi digelar di gelanggang Gedung Olahraga (GOR) Kota Baru yang diikuti  puluhan atlet dari 11 Kabupaten Kota. Mereka adalah atlet pelajar dari SD/SMP/SMA.

Kegiatan tersebut sebelumnya dimulai sejak Jum'at (28/10) kemarin sampai dengan pembukaan secara resmi oleh Gubernur Jambi Al Haris melalui Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Husairi, Sabtu (29/10/2022).

Kapala Sub Bidang Pembinaan Olahraga Pendidikan Tinggi Kemenpora RI M Iqbal Tawakal mengatakan, sesuai dengan dengan Perpres 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) FOP merupakan ajang pencarian bibit bibit atlet berprestasi tingkat pelajar untuk dilakukan pembinaan.

"Untuk di seluruh provinsi, FOP perdana dilakukan termasuk Jambi, dengan diikuti dua Cabang Olahraga yaitu Pencak Silat dan Taekwondo, karena ini pertama jadi sekaligus melihat seperti apa antusias nya," ungkapnya.

Dalam FOP, secara nasional sudah ada 14 Cabor. Namun di daerah ada 5 pilihan Cabor yang diikutsertakan, yaitu Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Panahan dan Renang. Sementara di ajang FOP Provinsi Jambi baru dua cabor yang diperlombakan.

"Cabor utama itu silat dan pilihan daerah sebenarnya ada 5 cabor, yaitu karate, silat, taekwondo atletik panahan dan renang, tapi hari ini baru Silat dan Taekwondo. Kedepan mungkin bisa bertambah dan rencananya ini akan berkelanjutan ke tingkat nasional, sesuai arahan pak Menteri untuk dilakukan pembinaan," harapnya.

Jumlah siswa/i yang mengikuti FOP sebanyak 77 orang, terdiri dari 43 atlet silat dan 34 atlet dari Taekwondo yang merupakan pelajar dengan melibatkan Ikatan Guru Nasional."Kepada peserta yang dinyatakan menang, harapan kami tidak berpuas diri, karena kami punya rencana agar atlet atlet berprestasi bisa tampil ditingkat nasional," jelasnya.

Kabid Pemberdayaan Olahraga Dispora Provinsi Jambi Juga Ketua Panitia FOP H.Baharuddin menambahkan kedepannya FOP dipersiapkan untuk menuju masyarakat Indonesia sehat, bugar dan berprestasi dunia 2045."Jadi pemerintah sekarang ini dari pusat sampai ke daerah tengah melakukan tahapan tahapan untuk menuju 2045, sesuai Perpres," tutupnya.

(ion)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penyaringan Bibit Atlet Berprestasi, Puluhan Siswa/i Ikuti Ajang FOP Perdana di Jambi

Trending Now

Iklan