Iklan

UISU Unggul, Begini Optimisme Putra-Putri Para Pendiri

17 Desember 2022 | 10:38 AM WIB Last Updated 2022-12-17T03:38:47Z


Wartapembaruan.co.id, 
Medan : Putra-putri kandung para pendiri Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) mengungkap optimisme bahwa legacy (warisan) orang tua mereka segera menjadi lembaga pendidikan unggul di negeri ini. Optimisme tersebut terus menguat, berkaca pada sinergitas yang dibangun Yayasan UISU di bawah kepemimpinan Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(K) FICD bergelar Datuk Cendikia Darmalaksana Raja. Ungkapan optimisme mereka luapkan kepada wartawan di sela pelaksanaan workshop bertajuk “Meningkatkan Sinergitas Yayasan dan Pimpinan Akademik Menuju UISU Unggul" yang dihelat Yayasan UISU di Hotel Emerald Garden, Medan, Jumat (16/12/2022). 

Workshop yang dimotori Dr. H. Danialsyah, SH., MH. (Ketua Panitia) dan Dr. Supriadi SE., MM., M.Si (Sekretaris Panitia) ini rencananya akan bergulir hingga Sabtu (17/12/2022).

“Workshop ini secara faktual mencerminkan upaya yang dilakukan Pengurus Yayasan pimpinan Prof. Ismet Danial Nasution agar kinerja akademik menjadi terarah, terukur dan terkoordinasi baik. Sehingga, jajaran akademik yang dinakhodai Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin  MAP the track menjadikan UISU sebagai lembaga pendidikan unggul, kebanggaan Sumatera Utara,” ujar Ir. H. Rizal Fahmi Nasution, putra salah satu pendiri UISU, H. Rivai Abdul Manaf Nasution.

“Selamat atas terlaksananya workshop yang diprakarsai yayasan yang dipimpin Prof. Ismet. Insya Allah UISU unggul segera tercapai,” tukasnya lagi, bersemangat.

Tak kalah bersemangat, Ir. Indra Gunawan, MP. yang tak lain putra pendiri UISU, Drs. H. Sabaruddin Ahmad, berucap syukur atas terselenggaranya workshop. Dia meyakini, workshop tersebut akan menghasilkan kerangka ilmiah yang akan menjadi panduan bagi civitas akademik dalam menggapai kualitas unggul bagi UISU.

“Bagi civitas akademika dan Badan Penyelenggara UISU, ini merupakan pengayaan informasi untuk menyempurnakan tata kelola perguruan tinggi di UISU. Tentunya, menjadi sesuatu yang besar dan sangat bermakna bagi UISU. InsyaAllah ini akan menjadi starting point dalam lompatan menuju UISU Unggul Berbingkai Sinergitas,” serunya.

Optimisme UISU unggul segera tercapai, sekaligus apresiasi tinggi terhadap kinerja Pengurus Yayasan UISU pun disampaikan Hj. Ir. Susi Chairunisa, putri pasangan pendiri UISU, H. Adenan Benawi-Hj. Sahriani AS.

“Pelaksanaan workshop dengan menyusun rencana dan strategi dalam kemajuan UISU ke depan adalah bentuk tanggung jawab yayasan dibawah kepemimpinan Ketua Umum,  Prof Ismet,” ungkapnya.

Senada, Drs. H. Haris Bahrum Jamil, putra H. Bahrum Djamil pun meyakini Pengurus Yayasan UISU saat ini memiliki kapabilitas mengemas sinergitas bersama Badan Penyelenggara Akademik untuk meraih predikat unggul bagi UISU. Bukan tak berdasar, dia merinci kalau Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. Ismet juga berpredikat assesor pada Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Perguruan Tinggi Kesehatan (PTKes)

Sekadar diketahui, akreditasi unggul merupakan predikat dengan standar kualifikasi tertinggi yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri.

Hal tersebut berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 yang kemudian melahirkan Regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0. IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 merupakan instrumen terbaru untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studinya.

Yang berubah dari aturan sebelumnya adalah istilah peringkat akreditasi. Saat ini, peringkat berjenjang sesuai kualifikasi sebuah perguruan tinggi adalah Unggul, Baik Sekali, Baik dan Tidak Terkareditasi. 

(Novian)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • UISU Unggul, Begini Optimisme Putra-Putri Para Pendiri

Trending Now

Iklan