Iklan

Indonesia Lolos Ke Semifinal Piala AFF 2022 Setelah Kalahkan Filipina 2-1

warta pembaruan
02 Januari 2023 | 10:48 PM WIB Last Updated 2023-01-02T15:48:15Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
- Timnas Sepakbola Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner up Grup A setelah pada pertandingan terakhir grup mengalahkan Filipina 2-1 di Manila, Senin (2/1/2023). Dengan menduduki urutan dua di klasemen grup, di semifinal Indonesia kemungkinan besar akan menghadapi Vietnam yang diperkirakan akan menduduki juara Grup B.

Indonesia harus puas berada di urutan dua grup karena pada saat yang bersamaan Thailand mengalahkan tamunya Kamboja dengan skor 3-1. Meskipun Thailand dan Indonesia sama-sama mengoleksi 10 poin, namun Thailand memiliki keunggulan seisih gol (+11) sedangkan Indonesia (+9). Sebagai juara grup, Thailand kemungkinan menghadapi Singapura atau Malaysia yang akan bertanding Selasa (3/1/2023).

Pada pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, yang berumput sintetis, permainan Indonesia di awal-awal babak pertama mendapat tekanan berat dari Filipina yang memainkan bola-bola panjang. Namun perlahan tapi pasti Indonesia mulai ke luar dari tekanan dan mulai menguasai permainan dan mengancam gawang Filipina.

Tidak butuh waktu lama, Indonesia langsung unggul 1-0 melalui sundulan Dendy Sulistyawan menit ke-21 sebelum digandakan oleh Marselino Ferdinan menit ke-43 setelah bekerjasama satu dua sentuhan dengan Saddil Ramdani. Namun di babak kedua, Filipina berhasil memperkecil kekalahan melalui Sebastian Rasmussen menit ke-83.

Pada babak semifinal yang akan memainkan dua leg, Indonesia akan menjadi tuan rumah pada 6 Januari 2023 di Stadion GBK melawan juara Grup B, sedangkan pada leg kedua, Indonesia akan bermain tandang.

Sebenarnya Indonesia bisa menang lebih besar seandainya dua peluang emas di babak pertama yang dimiliki Indonesia dapat menghasilkan gol, yaitu melalui Dendi Sulistyawan yang menerima sodoran dari Witan Sulaeman, dan melalui Fachrudin Arianto yang menerima umpan lambung Rizki Ridho menyusul adanya tendangan sudut. Namun sayangnya tendangan Dendi dan Fachrudin melambung jauh di atas mistar gawang.

Pada pertandingan itu, Indonesia memainkan formasi 4-3-3 dengan memainkan empat bek Pratama Arhan, Fachrudin Arianto, Rizki Ridho dan Asnawi Mangkualam, sedangkan di lini tengah pelatih Shin Tae-yong memasang trio Marc Klok, Marselino Ferdinan dan Ricky Kambuaya. Kemudian di lini depan adalah trio Witan Sulaeman, Dendi Sulistyawan dan Saddil Ramdani.

Pada babak kedua, Indonesia memasukkan Egy Maulana Vikri, Yakob Sayuri, Rachmat Irianto dan Ilja Spasojevic menggantikan Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan dan Dendi Sulistyawan, namun sayangnya tidak ada tambahan gol bagi Indonesia.

Susunan pemain Filipina vs Indonesia:

Filipina: Anthony Pinthus; Simen Lyngbo, Jefferson Tabinas, Amani Aguinaldo, Christian Rontini, Audie Menzi; Oliver Bias, Stephan Schrock, Hikaru Minegishi; Kenshiro Daniels, Mark Hartmann.

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Dendi Sulistyawan. (ys_soel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indonesia Lolos Ke Semifinal Piala AFF 2022 Setelah Kalahkan Filipina 2-1

Trending Now

Iklan