Iklan

Lawan Filipina, Pemain Indonesia Tidak Ada Masalah dengan Lapangan Sintetis

warta pembaruan
01 Januari 2023 | 10:34 PM WIB Last Updated 2023-01-01T15:34:22Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
– Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata mengatakan bahwa dia dan seluruh pemain sudah siap melawan Filipina dalam pertandinngan terakhir penyisihan Grup A Piala AFF. Pertandingan melawan Filipina, menurutnya, sangat penting, karena akan menentukan posisi Indonesia di klasemen akhir grup dan lolos tidaknya ke semifinal.

Pertandingan Filipina melawan Indonesia akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (31/12) malam. Rumput stadion menggunakan rumput sintetis.

Menurut Nadeo, seluruh pemain sangat bersemangat menyantap menu latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong. Marc Klok dan kawan-kawan, katanya, sangat antusias dengan setiap materi yang diberikan oleh pelatih jelang lawan Filipina.
"Kita siap ikuti taktik dan stratregi dari pelatih Shin Tae-yong. Kondisi pemain kita juga butuh adaptasi melihat lapangan yang menggunakan rumput sintetis. Tapi itu tidak jadi masalah besar. Untuk keseluruhan kita pasti siap," kata kipper klub Bali United itu.

Ia menambahkan, para pemain Filipina memiliki postur postur yang tinggi dan sudah familiar dengan lapangan sintetis, dan ia memperkirakan Filipina akan memainkan strategi bola bola panjang.

Dikemukakan bahwa lapangan sintetis tidak akan menjadi masalah besar, karena seluruh pemain telah melakukan adaptasi untuk membiasakan diri.

Sementara itu striker Ilija Spasojevic mengatakan bahwa skuad Garuda saat ini dalam kondisi bugar dan siap bekerja keras untuk kemenangan Indonesia. "Setiap pemain harus siap ketika berada di depan gawang. Kami belum lolos (semifinal) dan membutuhkan kemenangan untuk melaju ke babak semifinal," kata Spaso.

Ia menambahkan bahwa seluruh tim tetap waspadai terhadap Filipina karena bermain di kandang sendiri dan akan didukung penonton. “Bermain di lapangan sintetis tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kami, namun kami harus optimistis," kata pemain naturalisasi asal Montenegro tersebut.

Timnas Indonesia saat ini memilikii nilai tujuh dan menduduki peringkat kedua klasemen Grup A Piala AFF, memiliki nilai sama dengan Thailand yang berada di posisi teratas karena keunggulan selisih gol. Sedangkan Filipina berada di peringkat empat dan sudah tersingkir dari perebutan gelar juara.

Fakta Filipina-Indonesia

Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang melawan Filipina untuk memastikan lolos ke semifinal. Bahkan jika kalah pun, Indonesia tetap lolos, dengan syarat Thailand menang atas Kamboja pada pertandingan lain. Namun untuk menjadi juara grup, Indonesia membutuhkan kemenangan dengan skor besar atas Filipina.

Kedua kesebelasan dalam sejarahnya telah bertemu sebanyak 24 kali, dan Indonesia telah memenangi sebanyak 19 kali, empat kali berakhir imbang, dan hanya sekali kalah dengan skor 0-4 pada pertandingan Piala AFF 2014.

Dalam dua pertemuan terakhir di Piala AFF, Filipina-Indonesia bermain imbang, dengan skor 2-2 (November 2016) dan 0-0 (November 2018).

Indonesia dalam tiga pertandingan terakhir di Piala AFF mencetak 10 gol dan kemasukan dua gol, yaitu hasil dari menang 2-1 atas Kamboja, menang 7-0 atas Brunei Darussalam, dan bermain imbang 1-1 melawan Thailand, sedangkan Filipina telah mencetak tujuh gol dan kemasukan delapan gol hasil dari kalah 2-3 dari Kamboja, menang 5-1 atas Brunei Darussalam, dan kalah 0-4 dari Thailand. (ys_soel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lawan Filipina, Pemain Indonesia Tidak Ada Masalah dengan Lapangan Sintetis

Trending Now

Iklan