Iklan

Festival Kuliner, Musik dan Lomba Lari Warnai HUT ke-266 Pura Mangkunegaran

warta pembaruan
20 Februari 2023 | 6:23 PM WIB Last Updated 2023-02-20T11:23:36Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
-- Pura Mangkunegaran akan merayakan hari ulang tahun ke-266 pada Maret 2023 nanti. Untuk memperingati HUT tersebut, Pura Mangkunegaran menggelar sejumlah acara mulai dari lomba lari hingga festival kuliner dan musik  yang menjadi rangkaian dari Adeging Pura Mangkunegaran.

Pemimpin Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan, rangkaian acara tersebut merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan sejarah serta memperkenalkan kembali budaya Solo kepada masyarakat.

“Unsur kebudayaan bukan hanya sebagai content tapi juga bagaimana dari kegiatan ini kami secara bersama-sama memperkenalkan kembali kebudayaan. Bagaimana caranya budaya itu menjadi kebutuhan sehari-hari dari masyarakat. Adeging Pura Mangkunegaran menjadi jembatan untuk memperkenalkan kembali budaya Solo di masyarakat,” kata KGPAA Mangkoenagoro X dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (20/2/2023).

KGPAA Mangkoenagoro X berharap, ajang ini bisa memberikan dampak yang besar kepada masyarakat sekitar.

Ketua Panitia Adeging Pura Mangkunegaran Marah Andikha menjelaskan, rangkaian acara akan dimulai pada 11 Maret 2023 dengan food festival. Pada food festival ini akan diikuti 80 UMKM yang ada di Solo dan sekitarnya.

“Pada 12 Maret pagi, kami akan menggelar Mangkunegaran Run in Solo yang memperlombakan nomor 5K, 10 K dan 21K. Ajang ini akan diikuti oleh 2.500 peserta lomba lari. Lomba akan dimulai dan berakhir di Pura Mangkunegaran,” jelas Andikha.

Pada 12 Maret malam, sejumlah musisi akan tampil di Festival Laras Hari. Andikha menambahkan, festival ini diharapkan bisa menarik perhatian lintas generasi mulai dari Gen Y, Gen Z dan juga milenial.

“Musisi yang akan hadir antara lain Vina Panduwinata yang terkenal dengan lagu Burung Camar di era 80-an, lalu ada juga RAN, untuk kaum milenial kami juga menghadirkan Diskoria serta Brigitta Hardi,” ujar Andikha.


Musisi Vina Panduwinata mengaku senang bisa tampil dalam festival musik Laras Hati yang menjadi bagian dari Adeging Pura Mangkunegaran.

“Saya berharap anak-anak muda sekarang bisa diberikan banyak informasi tentang budaya. Jangan sampai anak cucu kita melupakan dasar budaya kita. Terima kasih kepada Kanjeng Gusti yang sudah menyelenggarakan acara ini. Karena kebudayaan adalah harta kita,” ungkap Vina.

Panitia penyelenggara menyediakan tiket kategori festival dan super festival bagi para pengunjung BNI Mangkunegaran Laras Hati Musik Festival 2023. Tiket kategori festival akan dijual seharga Rp145.000, sementara tiket super festival dibanderol Rp400.000. Penyelenggara memberikan diskon harga khusus untuk pembelian tiket selama periode presale yaitu Rp 100.000.

Selain ajang lari dan festival kuliner dan musik, Adeging Pura Mangkunegaran juga menghadirkan CEOs Mangkunegaran Royal Dinner’ Road to Asean Summit 2023. Forum yang akan digelar di Taman Pracima, Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah ini diselenggarakan guna mendukung pelonggaran restriksi dan pembukaan perbatasan antar negara sehingga dapat meningkatkan mobilitas masyarakat. Dengan demikian berbagai program people-to-people di ASEAN dapat bergulir kembali
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Festival Kuliner, Musik dan Lomba Lari Warnai HUT ke-266 Pura Mangkunegaran

Trending Now

Iklan