Iklan

Humas Kemnaker dan Forwaker Sinergi Penyebarluasan Informasi BLK

warta pembaruan
28 Februari 2023 | 11:24 PM WIB Last Updated 2023-02-28T16:24:22Z


Samosir, Wartapembaruan.co.id
- Dalam rangka meningkatkan sinergi guna memberikan, menyebarluaskan informasi dan edukasi bidang ketenagakerjaan serta memberikan citra positif mengenai ketenagakerjaan kepada masyarakat, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), khususnya Biro Hubungan Masyarakat (Humas) bermitra dengan Forum Wartawan Ketenagakerjaan (FORWAKER), melaksanakan Press Tour dengan tema “Sinergitas Pers dan Pemerintah dalam memperkuat Peran Strategis BLK untuk Peningkatan Kompetensi SDM”, ke Kabupaten Samosir, Sumatera Utara pada 27 Pebruari s/d 1 Maret 2023.

Press Tour dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemitraan antara Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan Forwaker, sehingga dapat meningkatkan sinergi dalam memberikan dan menyebarluaskan informasi dan edukasi bidang ketenagakerjaan serta memberikan citra positif Kementerian Ketenagakerjaan kepada masyarakat.

"Tujuan diadakan Press Tour adalah memberikan penjelasan kepada insan pers terkait upaya-upaya pemerintah khususnya Kemnaker RI berkaitan dengan peran Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas dalam membina Balai Latihan Kerja binaan untuk meningkatkan kompetensi SDM dan menyokong pembangunan
ekonomi berkelanjutan," kata Chairul Fadly Harahap, Kepala Biro Humas Kemnaker, dalam sambutannya, saat Kunjungan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Samosir, Selasa (28/2/2023).

Dalam sambutanya yang penuh keakraban dengan Forwaker, jajaran UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Samosir, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir, Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kabupaten Samosir, Chairul berkesempatan berpantun, Cendrawasih di atas buritan, Datang badak membawa ikan. Terima kasih diberi kesempatan Tak akan banyak saya sampaikan. Jika nanti hujan telah turun. Turunnya pasti beramai-ramai. Puji syukur kepada Tuhan telah mempertemukan kita di acara ini.

Sementara itu, Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Samosir, Dumasari Sitanggang mengaku senang terplihnya BLK Samosir sebagai tempat kunjungan Press Tour.

"Saya senang kedatangan Humas Kemnaker dan Forwaker beserta rombongan ke BLK kami. Sekaligus juga bisa membantu kami atas kekurangan yang kami hadapi selama ini kepada Ibu Menteri Ketenagakerjaan," kata Dumasari.


Dumasari juga menjelaskan kegiatan yang telah dilaksanakan BLK selama ini yang telah membantu warga Samosir dan sekitar. Namun, Dumasari juga berharap Kementerian dan pemda untuk bisa meningkat paket kegiatan yang selama ini sangat terbatas.


"Kami siap juga berkolaborasi dengan Forwaker dan berterima kasih apabila Forwaker dalam memberi informasi kegiatan BLK. Tanpa kerjasama dengan wartawan, keberhasilan kegiatan kami pun tidak akan diketahui masyarakat, jelas Dumasari seraya berharap.

Saut Simbolon, yang mewakili Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir, mengaku siap untuk membantu anggaran untuk menambah paket kegiatan BLK.


"Khusus koperasi, UMKM dan ketenagakerjan kami akan bicarakan kepada kepala daerah dan instansi terkait untuk membantu menambah paket pembelajaran untuk masyarakat Samosir," kata Saut.

Sementara Ketua Forwaker, Hamdan, mengatakan, mengutip pernyataan Presiden Jokowi, bahwa setiap Kementerian/Lembaga dalam melaksanakan tugas, tetapi tidak mempublikasikan kepada masyarakat akan dinilai oleh masyarakat bahwa pemerintah tidak bekerja.

"Maka pemerintah harus menggandeng pers sebaga jembatan untuk menginformasikan kinerja pemerintah kepada masyarakat," pungkas Hamdan.

Press Tour diikuti 17 media dari pusat dan daerah yang tergabung dalam Forwaker dengan rangkaian kegiatan Kunjungan ke Balai Latihan Kerja Samosir, yang di dalamnya terdapat diskusi mengenai Program dan Kegiatan Unggulan BLK Samosir. (Azwar)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Humas Kemnaker dan Forwaker Sinergi Penyebarluasan Informasi BLK

Trending Now

Iklan