Iklan

Dr Danialsyah Sampaikan Batas Waktu Penjaringan Calon Rektor UISU Masa Jabatan 2023-2027

12 Maret 2023 | 7:24 PM WIB Last Updated 2023-03-12T12:24:42Z


Medan, Wartapembaruan.co.id—Pendaftaran Calon Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Masa Jabatan 2023-2027 dimulai Senin, 13 Maret 2023 dan ditutup Senin, 20 Maret 2023.

“Tenggat waktu delapan hari diberikan kepada para calon rektor untuk mendaftarkan diri mereka ke sekretariat Panitia Penjaringan dan Seleksi Administrasi Calon Rektor UISU masa jabatan 2023-2027 di kampus Jln  SM. Raja Medan dan akan ditutup tepat pukul 12.00 WIB pada Senin pekan depan,” ungkap Ketua Panitia, Dr. H. Danialsyah, S.H., M.H. kepada wartawan Minggu, 11 Maret 2023.

Berdasarkan kewenangan yang diberikan Pengurus Yayasan UISU, lanjut Danialsyah, pihaknya akan melakukan seleksi kelengkapan berkas para calon.

Seleksi berkas hanya berlangsung sehari, yakni Selasa 21 Maret 2023. Hari itu juga, berkas para calon yang memenuhi syarat akan mereka serahkan kepada Pengurus Yayasan UISU.

“Sampai di situ tugas dan wewenang kita selesai. Proses seleksi selanjutnya akan ditangani secara kolektif oleh Pengurus Yayasan UISU, yang tentunya melibatkan Senat Universitas sebagaimana statuta UISU,” tegas sosok yang juga Sekretaris Jenderal DPP Ikatan Alumni (IKA) UISU ini.

Dalam proses penjaringan dan seleksi berkas, lanjut Danialsyah, pihaknya berpedoman penuh pada Peraturan Pengurus Yayasan UISU Nomor 01/2023 tentang Tata Cara Penjaringan, Seleksi dan Pengangkatan Rektor dan Wakil Rektor UISU.

“Secara prinsip, kita memahami bahwa semangat dari peraturan pengurus yayasan itu adalah untuk menjaga proses pencapaian UISU Unggul, sekaligus mengimplementasikan cita-cita para pendiri UISU,” pungkasnya.

Di kesempatan sama, Daudsyah, S.H., M.H. selaku Sekretaris Panitia Penjaringan dan Seleksi Berkas Calon Rektor UISU Masa Jabatan 2023-2027 menyampaikan, pihaknya juga telah menetapkan tenggat waktu tahapan seleksi.

“Tahapan seleksi yang kami susun pun telah mendapat persetujuan dari Pengurus Yayasan UISU, ditandai dengan pembubuhan tandatangan Ketua Umum Pengurus Yayasan dan Sekretaris Umum Pengurus Yayasan UISU pada SK penjadwalan yang kami terbitkan,” sebutnya.

Berkas calon rektor yang telah diverifikasi panitia penjaringan, lanjut Daud, masih akan ditelaah lagi oleh Pengurus Yayasan UISU, sebelum diserahkan kepada Senat Universitas pada 25 Maret 2023.

Kemudian, dari 20 Maret hingga 10 April 2023, Senat Universitas menggelar rapat secara marathon untuk menghasilkan sejumlah pertimbangan yang akan disampaikan kepada Pengurus Yayasan UISU.

Pada 11 April 2023, Pengurus Yayasan UISU menyerahkan berkas calon rektor yang sudah dilengkapi pertimbangan Senat Universitas kepada Tim Uji Kelayakan dan Kepatutan.

Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) berlangsung pada 13 April 2023. Hari itu juga hasilnya akan dikembalikan kepada Pengurus Yayasan UISU.

Selanjutnya, 19 April 2023, Pengurus Yayasan UISU menggelar rapat untuk menentukan Calon Rektor Terpilih Masa Jabatan 2023-2027.

“Insya Allah, dalam kurun waktu 20-26 Aprl 2023, kita akan mempersiapkan pelantikan Rektor UISU Masa Jabatan 2023-2027,” tegas Daud yang diaminkan oleh anggota panitia lainnya yakni, H. Syaiful Jihad, ST, Zein Zukhri, S.Pd, Sulaiman Siregar, ST dan Sonie Moezakhir Lubis, SS.

Diketahui sebelumnya, Pengurus Yayasan UISU telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) Pengurus Yayasan UISU Nomor 07/KEP/II/2023, yang berisi tentang Pengangkatan Panitia Penjaringan dan Seleksi Administrasi Calon Rektor UISU masa jabatan 2023-2027.

Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. H. Ismet Danial Nasution, drg., Ph.D., Sp.Pros(k)., FICD. berpesan agar panitia penjaringan bekerja sebaik-baiknya dengan berlandaskan Peraturan Pengurus Yayasan UISU Nomor 01/2023.

“Peraturan Pengurus Yayasan tersebut mengandung semangat pengelolaan sumber daya manusia (SDM) menuju UISU Unggul,” tukas Prof. Ismet.

Sosok bergelar Datuk Cendikia Dharmalaksana Raja ini pun berharap proses penjaringan calon Rektor UISU Masa Jabatan 2023-2027 dapat dimanfaatkan seluruh elemen UISU untuk menunjukkan kualifikasi terbaik masing-masing.

“Namun, hasil terbaik dalam proses penjaringan ini bukanlah sekadar diukur dari munculnya sosok-sosok berkualitas sebagai calon. Lebih dari itu, proses penjaringan ini semestinya menjadi momentum bagi seluruh elemen di UISU untuk merapatkan barisan, memperkuat upaya mewujudkan cita-cita para pendiri,” pungkasnya. 

(Novian) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dr Danialsyah Sampaikan Batas Waktu Penjaringan Calon Rektor UISU Masa Jabatan 2023-2027

Trending Now

Iklan