Iklan

Indonesia Hajar Filipna 3-0 di Ajang Sepak Bola SEA Games Kamboja

warta pembaruan
29 April 2023 | 6:42 PM WIB Last Updated 2023-04-29T11:42:13Z


Phnom Penh, www.wartapembaruan.co.id
- Tim nasional sepak bola Indonesia berhasil meraih kemenangan telak 3-0 atas Filipina pada pertandingan pertama penyisihan Grup A SEA Games 2023 di Stadion Sepak Bola Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023). Tiga ol kemenangan Indonesia dicetak Marselino Ferdinan pada menit ke-45, Irfan Jauhari (89) dan Fajar Faturrahman (90). 

Pada pertandingan pembukaan cabang sepak bola SEA Games Kamboja tersebut, pelatih Indonesia Indra Sjafri menurunkan starting eleven terkuat, yaitu duet Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga di jantung pertahanan, trio gelandang Ananda Raehan Alif, Marselino Ferdinan, dan Beckham Putra, serta trio lini depan Witan Sulaeman, Jeam Sroyer, dan Ramadhan Sananta.

Meskipun Indonesia menguasai pertandingan, namun kerja sama antar-pemain kurang begitu solid, terutama di lini depan yang terlihat terlalu terburu-buru. Beberapa kali kerja sama Jeam Sroyer dan Sanantha gagal menghasilkan gol, sementara Witan Sulaeman di sayap kiri seperti terisolasi, sehingga memaksanya untuk lebih ke tengah. Sedangkan di lini tengah, duet gelandang serang Beckham Putra dan Marselino Ferdinan belum menyatu, sehingga serangan Indonesia seperti tersendat. 

Terlebih, kesebelasan Filipina memainkan formasi 3-6-1, yang mennumpuk enam gelandang di tengah, sehingga menyulitkan pemain Indonesia untuk menguasai lini tengah.

Namun demikian, pada menit ke-45, melalui serangan dari sayap kanan, bek sayap Rio Fahmi melepaskan umpan tajam ke tengah dan bola langsung diarahkan ke kanan gawang oleh Marselino Ferdinan. Kiper Filipina, Kammeraad Quincy, gagal membendung tendangan first time Marselino. Indonesia unggul 1-0.

Padaabak kedua, Jeam Sroyer ditarik ke luar dan digantikan oleh Fajar Faturrahman. Permainan Indonesia lebih terkoordinasi, ketika Indra Sjafri mengubah formasi dari 4-3-3 menjadi 4-5-1 dengan menarik Marselino ke sayap kiri dan menempatkan Witan Sulaeman sebagai second striker di belakang Ramadhan Sanantha. Peluang emas tercipta melalui Witan Sulaeman pada menit 60, namun ia diganjal bek Filipina di kotak penalti, sehingga menghasilkan tendangan penalti. Sayangnya Rizky Ridho yang menjadi algojo gagal setelah tendangannya dihadang kiper Filipina.

Pada menit ke-65, Witan kembali memperoleh peluang setelah berhasil menggiring bola ke kotak penalti, sayangnya, bola berhasil diserobot bek Filipina, dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Peluang ketiga Witan kembali diperoleh menit ke-75 setelah menerima umpan tarik dari Sanantha, sayangnya bola tendang Witan tidak mengarah ke gawang.        

Dua gol Indonesia akhirnya tercipta di akhir babak kedua setelah para pemain Filipina tampak kelelahan, terutama karena udara yang panas. Pertahanan Filiinan yang longgar berhasil dimanfaatkan Indonesia melalui gol yang dicetak Irfan Jauhari, 2-0. Sedangkan gol ketiga dicetak Fajar Faturrahman melalui tendangan frist time dari sayap kiri setelah ia tak terjaga ketika menerima umpan dari Rio Fahmi. Indonesia akhirnya menang 3-0.

Susunan pemain:

Indonesia: Ernando Ari, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Ilham Rio, Ananda Raehan Alif (Komang Teguh), Marselino Ferdinand, Beckham Putra (Taufany Muslihuddin), Witan Sulaeman, Jeam Sroyer (Fajar Fathur Rahman), Ramadhan Sananta (Irfan Jauhari);

Filipina: Kammeraad Quincy, Rublico Santiago Colminas, Ledde Noah River, David Kevin Jurado, Yrick Rapisura Gallantes, Gavin Alonzo Muens, Kami Jaser Rendon Amirul, Dennis Salazar Chung, Pocholo Arellano Bugas, Jacob Agustin Iv Reyes Pena, Andres Rafael Teves Aldeguer. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indonesia Hajar Filipna 3-0 di Ajang Sepak Bola SEA Games Kamboja

Trending Now

Iklan