Iklan

Tiga Filosofi dari Gubernur Jabar untuk Pj. Bupati Bekasi

warta pembaruan
29 Mei 2023 | 4:03 PM WIB Last Updated 2023-05-29T09:03:09Z


Bekasi, Wartapembaruan.co.id
- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil memberikan dukungan kepada Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan yang baru saja mendapatkan Surat Keputusan Perpanjangan Masa Jabatan dari Kemendagri.

Ridwan Kamil menyampaikan, Kabupaten Bekasi harus menjadi percontohan berjalannya pesta demokrasi secara aman, nyaman dan kondusif melalui kepemimpinan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan dan stakeholder terkait lainnya.

"Saya titip Forkopimda penjagaan kondusifitas karena situasi politik nasional sudah menghangat, mungkin sedikit memanas. Oleh karena itu saya titip Kabupaten Bekasi menjadi percontohan, agar rutinitas demokrasi lima tahunan di tahun depan ini berjalan lancar," ucap Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Bandung (25/5/2023).

Kang Emil  sapaan akrab Ridwan Kamil, juga memberikan pesannya kepada Pj. Bupati Bekasi yakni tiga filosofi yang ada dalam kebudayaan Sunda dalam menyelesaikan masalah.

Satu, 'hade goreng ku basa' agar baik buruk situasi selesaikan dengan komunikasi. Bertemu, obrolkan, sampaikan rasa ketidaknyamanan dan kritikannya, nanti ketemu di tengah-tengah.

"Dua, 'batu turun, keusik naek', baru turun, pasir naik. Hidup itu harus kompromi. Jadi bertemulah, saling mengulur sampai ketemu ke sebuah titik," tutur Kang Emil.

Ketiga, 'caina herang, laukna beunang' atau ikannya ditangkap, airnya tetap jernih. Jangan ikannya dapat tapi keruh karena proses nangkapnya membuat situasi jadi heboh. Kalau bisa pintar-pintar membereskan masalah, kondusifitasnya tetap tenang. (Pemdakab Bekasi/Azwar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tiga Filosofi dari Gubernur Jabar untuk Pj. Bupati Bekasi

Trending Now

Iklan