Iklan

Indonesia Maju Expo & Forum 2023 Ditutup, Pelancong TMII Ikut Gembira Aktivasi IKD

warta pembaruan
07 Juni 2023 | 10:25 AM WIB Last Updated 2023-06-07T03:25:45Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
- Perhelatan Indonesia Maju Expo & Forum 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta telah berakhir, Minggu (4/6/2023). Acara ditutup secara resmi oleh Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Ekonomi dan Pembangunan La Ode Ahmad.

Selama 4 hari kegiatan, dari 1-4 Juni 2023 telah diisi berbagai kegiatan, salah satunya adalah pelayanan keliling administrasi kepedudukan dan aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) di booth Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Sejak hari pertama, sejumlah petugas Ditjen Dukcapil didukung oleh Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta melayani pengunjung expo yang juga para pelancong TMII. Mereka yang berasal dari berbagai daerah itu tampak antusias minta dilayani aktivasi IKD alias KTP digital atau pun mengurus dokumen kependudukan lainnya. 

"Alhamdulillah di stand Dukcapil ini saya dapat memperbarui KTP dengan data update terbaru dan sekalian aktivasi KTP digital. Terima kasih Ditjen Dukcapil Kemendagri sudah membantu memfasilitasi secara cepat," kata Ibu Lilis asal Cimahi.

"Saya sudah mengaktivasi KTP digital secara cepat waktunya tidak bertele-tele. Caranya juga sangat mudah, ayo aktifkan aplikasi identitas kependudukan digital di hape kita," Ibu Fatimah asal Ciputat.

Hingga Minggu sore, petugas Dukcapil mencatat total hasil pelayanan keliling selama 4 hari kegiatan Indonesia Maju Expo & Forum 2023, sebanyak 231 pemohon berhasil mengaktivasi IKD di ponselnya, cetak KTP-el untuk 18 pemohon, dan cetak KIA sebanyak 3 pemohon.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku usaha nasional kegiatan ini ditutup dengan memberikan sejumlah penghargaan kepada peserta pameran.

Sahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan La Ode Ahmad menyampaikan apresiasi ini untuk memompa semangat seluruh pihak yang telah turut menyukseskan kegiatan Indonesia Maju Expo & Forum 2023.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan semangat masyarakat khususnya pelaku usaha kecil yang terlibat untuk terus berkarya. "Visi Kementerian Dalam Negeri sebagai poros jalannya pemerintahan dan politik dalam negeri. Oleh karena itu kegiatan ini sekaligus meningkatkan pelayanan publik, menegakkan demokrasi dan menjaga integrasi bangsa," katanya. 

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi pun menyampaikan, pihaknya mendukung peningkatan pelayanan publik melalui pelayanan Adminduk prima untuk Indonedia maju. "Dengan basis data Dukcapil kami ingin memastikan kegiatan pelayanan publik berjalan dengan kualitas yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Terlebih menjelang Pemilu 2024," kata Dirjen Teguh Setyabudi. Dukcapil***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indonesia Maju Expo & Forum 2023 Ditutup, Pelancong TMII Ikut Gembira Aktivasi IKD

Trending Now

Iklan