Iklan

Shayne Pattynama Siap Jalani Debut Lawan Argentina

warta pembaruan
18 Juni 2023 | 6:04 PM WIB Last Updated 2023-06-18T11:38:37Z


Jakarta, www.wartapembaruan.co.id
– Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama, sudah tak sabar menghadapi timnas Argentina dengan atmosfer Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Timnas Indonesia akan menghadapi Argentina, pada laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6) WIB. Shayne Pattynama berharap bisa menjalani debut bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Argentina yang berjulukan “La Albiceleste”. Ia mengaku sudah melakukan persiapan matang.

"Saya sudah berisitarahat, saya harus beradaptasi dengan cuaca panasnya. Sangat bagus, kamu tahu, tapi senang bertemu semua pemain, sangat bagus, saya senang berada di sini," kata Shayne Pattynama seusai latihan timnas di Jakarta, Minggu (18/6/2023).

Pemain berumur 24 tahun itu tak sabar dengan atmosfer SUGBK yang kemungkinan akan dipenuhi sekitar 75 ribu penonton.

"Ini sangat gila dengan para fans, akan sangat bagus. Saya sangat menantikan pengalaman yang indah dengan 80 ribu fans. Saya tidak sabar bermain untuk negara saya, akan sangat indah," kata pemain yang membela Viking FK tersebut.

Sementara itu Pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong (STY) menekankan pentingnya kekuatan mental ketika menghadapi tim sekelas Argentina, tim yang dalam peringkat FIFA berada di urutan pertama. Indonesia sendiri berada di peringkat 149 FIFA saat ini.

“Kekuatan mental akan jadi kunci supaya Indonesia setidaknya dapat memberikan perlawanan maksimal,: kata STY.

Ia juga mengharapkan pemainnya tidak merasakan ketegangan dan kegelisahan yang berlebihan ketika harus berduel langsung dengan deretan bintang-bintang terbaik dunia yang dimiliki La Albiceleste.

"Saya meminta pemain untuk menikmati pertandingan sehingga bisa tampil rileks," katanya menambahkan.

Starting Eleven

|Menghadapi Argentina yang menjadi juara Piala Dunia 2022, STY kemungkinan besar akan memperkuat pertahanan, dengan menerapkan formasi 3-5-2. Dengan banyaknya gelandang, diharapkan sektor tengah bisa sedikit meredam tekanan Argentina.


Dengan formasi 3-5-2, maka tiga bek sejajar yang akan dipasang adalah  Rizki Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott . Kemudian di sektor tengah, untuk memperkuat pertahanan, STY kemungkinan akan menempatkan Rachmat Irianto sebagai gelandang bertahan, sedangkan Marc Klok dan Stefano Lilipaly akan menjalankan fungus gelandang boc-to-box dan gelandang serang.

Kemudian di kedua sisi, dua wing-back yang akan dipercaya STY kemungkinan besar Shayne Pattynama (kiri) dan Asnawi Mangkualam (kanan). Sedangkan di sektor penyerangan, duet Dimas Drajat dan Rafael Struick akan kembali dipercaya untuk menggempur pertahanan Argentina.

Berikut prediksi starting eleven Indonesia-Argentina:

Indonesia (3-5-2) : Syahrul Trisna, Rizki Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama, Rachmat Irianto, Marc Klok, Stefano Lilipaly; Dimas Drajat, Rafael Struick.

Argentina : Geronimo Rulli, Nahuel Molina, Leonardo Balerdi, German Pezella, Marcos Acuna; Exequiel Palacios, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso, Lucas Ocampos; Julian Alvarez, Alejandro Garnacho. (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Shayne Pattynama Siap Jalani Debut Lawan Argentina

Trending Now

Iklan