Iklan

Kalahkan Brunei Darussalam 6-0, Indonesia Melaju ke Putaran Dua Piala Dunia 2026

warta pembaruan
17 Oktober 2023 | 10:25 PM WIB Last Updated 2023-10-17T15:25:33Z


Bandar Seri Begawan, wartapembaruan.co.id
  – Timnas Sepak Bola Indonesia mengalahkan tuan rumah Brunei Darussalam 6-0 pada leg 2 babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023).  

Enam gol yang lahir dicetak oleh Hokky Caraka menit ke-6 dan 44, kemudian Egy Maulana Vikri (42), Witan Sulaiman (47/Penalti), Rizky Ridho (63), dan Ramadhan Sananta (82).

Dengan kemenangan itu, Indonesia unggul agregat 12-0 atas Brunei, karena pada leg pertama di Jakarta pada 12 Oktober lalu, timnas Indonesia juga unggul 6-0 atas Brunei.  Kemenangan tersebut juga memastikan Indonesia melaju ke putaran dua (Babak Grup) Piala Dunia 2026 yang akan memainkan pertandingan kandang-tandang mulai 16 November 2023, dan Indonesia bergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam dan Filipina.

Pada pertandingan leg dua di kandang Brunei Darussalam, pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan susunan pemain diban ding pertandingan pertama. Di bawah mistar, Ernando Ari menggantikan Nadeo Argawinata, sedangkan empat pemain belakang adalah Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, dan Shayne Pattynama.

Kemudian dua gelandang tangguh dipasang Shin Tae-yong, yaitu Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, sedangkan Witan Sulaeman dan Egy Maulana menempati gelandang kiri dan gelandang kanan, untuk mengapit duet penyerang Dendy Sulistyawan dan Hokky Caraka.

Permainan Indonesia sangat merepotkan pemain-pemain Brunei, karena semua sisi lapangan dikuasai sepenuhnya oleh pemain Indonesia. Bahkan dua bek sayap Shayne Pattinama dan Sandy Walsh di kiri dan kanan aktif menerobos pertahanan Brunei dan berkali-kali melepaskan umpan berbahaya ke depan gawang Brunei.

Hokky Caraka mencetak brace pada debutnya yang kedua untuk timnas Indonesia senior. Gol pertama Hokky pada menit ke-6 tercipta berkat umpan tarik dari Sandy Walsh di sisi kiri pertahanan Brunei.

Setelah sempat kesulitan mencetak gol, Timnas Indonesia baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-42 melalui gol Egy Maulana Vikri. Ia berhasil memanfaatkan umpan sundulan Hokky Caraka dengan menyontek bola di depan gawang Brunei.

Hokky mencetak gol keduanya menit ke-44 setelah sukses menyambar umpan tarik dari Witan Sulaeman. Skor 3-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di awal babak kedua Timnas Indonesia langsung mendapat hadiah penalti usai Witan Sulaeman dilanggar. Witan yang mengambil eksekusi penalti sendiri, sukses membawa Indonesia unggul 4-0.

Gol kelima Indonesia dicetak Rizky Ridho pada menit ke-64 usai menerima umpan tarik Asnawi Mangkualam yang baru tiga menit di lapangan, dan Ramadhan Sananta yang menggantikan Dendy Sulistyawan menggenapi kemenangan Indonesia 6-0 setelah mencungkil bola melewati kiper Brunei, Ishyra Asmin. 

Susunan pemain:

Brunei Darussalam: Haimie Nyaring (Ishyra Asmin, 71'); Nazhan Zulkiflie, Alinur Rashimy (Adi Said, 69'), Hanif Hamir, Akyura Indera; Hendra Azam (Hanif Farhan, 59'), Haziq Kasyful, Nur Asyraff (Fakharrazi Hassan, 69'), Hakeme Yazid; Azizi Ali (Hariz Danial, 59'), Khairil Shahme.

Indonesia: Ernando Ari ; Sandy Walsh (Asnawi Mangkualam, 61'), Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Shayne Pattynama (Pratama Arhan, 73'); Ricky Kambuaya (Arkhan Fikri, 73'), Rachmat Irianto, Witan Sulaeman; Dendy Sulistyawan (Ramadhan Sananta, 61'), Hokky Caraka, Egy Maulana (Saddil Ramdani, 61'). (ys_soel)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kalahkan Brunei Darussalam 6-0, Indonesia Melaju ke Putaran Dua Piala Dunia 2026

Trending Now

Iklan