Iklan

Waspada, Cacar Monyet atau Mpox Mulai Menyebar di DKI Jakarta

warta pembaruan
03 November 2023 | 6:48 PM WIB Last Updated 2023-11-03T11:54:45Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
-- Cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang di sebarkan oleh infeksi virus monkeypox. Kasus caacar monyet atau mpox ini kembali muncul dan mulai menyebar di dki Jakarta. 

Dari informasi yang di sampaikan oleh Kepala Solusi  Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama padan Jumat (3/11)..

Ada 24 kasus aktif cacar monyet atau mpox hingga saat ini mayoritas dengan HIV positif, ada tiga yang tidak memiliki komorbid sama sekali dan ada yang HIV negatif namun dengan sifilis. 

Ini di karena kan dari hasil penelusuran (Dinkes) Dki Jakarta, menemukan bahwa kasus aktif cacar monyet atau mpox ini sudah positif terjangkit Human Immunodeficiency Viru (HIV)  dan ada yang terinfeksi penyakit seksual lainnya. 

Beliau menyampaikan bahwa pasien di jakarta yang mengetahui terjangkit HIV kerana terdiagnosis mpox

Berdampak dari marak nya penularan dari virus ini maka (Dinkes)  melakukan proses tracing atau penelusuran sebanyak-banyak nya, pada pasien yang telah terdiagnosis khususnya  pada kontak seksual pasien selama 21 hari ke belakang sebelum terdiagnosis menjadi salah satu kunci tidak meluasnya penyebaran cacar monyet atau mpox. 

Alhasil dari kembalinya kasus cacar monyet atau mpox ini Kabid Perempuan dan Anak DPP PEKAT IB Mey Tania menghimbau agar masyarakat menjaga perilaku hidup sehat serta menghindari kontak langsung dengan orang atau hewan yang terinfeksi penyakit ini guna mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Waspada, Cacar Monyet atau Mpox Mulai Menyebar di DKI Jakarta

Trending Now

Iklan