Iklan

Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit, Pangdam XII/Tpr Pimpin Aksi Bersihkan Lingkungan dan Tanam Pohon

warta pembaruan
07 Desember 2023 | 10:09 PM WIB Last Updated 2023-12-07T15:09:22Z


Pontianak Kalbar, Wartapembaruan.co.id
-- Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., turun langsung memimpin pelaksanaan karya bakti pembersihan lingkungan dan penanaman bibit pohon di wilayah Kota Pontianak. Kamis (7/12/2023) 

Sasaran aksi bersih-bersih lingkungan ini dilaksanakan di sekitaran Pasar Puring, Siantan, Pontianak Utara. Kemudian untuk penanaman bibit pohon dilaksanakan di lahan kritis, Jalan Purnama, Kota Baru, Pontianak Selatan. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit serta berkembangnya nyamuk. Aksi kali ini diikuti oleh personel gabungan dari TNI-Polri, Pemda, FKPPI, Pemuda Pancasila, Menwa, Damkar dan masyarakat. 

Saat memberikan keterangan pada awak media, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan menjelaskan, kegiatan pembersihan lingkungan ini menyasar pasar tradisional, tempat ibadah, dan tempat-tempat kumuh. 


"Alhamdulillah semuanya sangat senang bisa bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan pembersihan ini," kata Mayjen TNI Iwan Setiawan. 

Pangdam mengatakan kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Kodam XII/Tpr baik di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Juga dilaksanakan oleh jajaran TNI AD di seluruh Indonesia. 

"Ini perintah Bapak Kasad untuk melakukan kegiatan sosial membantu kesulitan rakyat agar terhindar dari bahaya yang mengancam kita salah satunya demam berdarah," ujarnya. 

"Dengan kita bersihkan selokan, air akan lancar mengalir tidak menjadi tempat  bersarangnya nyamuk. Kemudian kita juga melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon keras maupun penanaman bibit Mangrove di pinggiran pantai untuk menahan Abrasi," tambahnya mengakhiri. 


(Sumber: Pendam XII/Tpr)

Editor: Jono

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit, Pangdam XII/Tpr Pimpin Aksi Bersihkan Lingkungan dan Tanam Pohon

Trending Now

Iklan