Iklan

Ini Sejumlah Usulan Masyarakat Yang Disampaikan DPRD Pakpak Bharat Dalam Rapat Paripurna Agenda Penyampaian Hasil Reses I Tahun 2024

warta pembaruan
21 Mei 2024 | 9:25 PM WIB Last Updated 2024-05-21T14:25:39Z


Pakpak Bharat, Wartapembaruan.co.id
- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pakpak Bharat menyampaikan usulan pembangunan dari masyarakat dalam rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Hasil Reses I DPRD Pakpak Bharat Tahun 2024, diruang Rapat Paripurna DPRD, Sindeka, Selasa (21/5/2024).

Sejumlah usulan pembangunan yang disampaikan DPRD saat rapat paripurna tersebut, diterima saat melakukan reses I DPRD Pakpak Bharat yang digelar pada Rabu (15/5) lalu, di Daerah (Dapem) masing-masing.

Tampak dalam penyampaian hasil reses I DPRD Pakpak Bharat itu, diawali pembacaan hasil reses dari Tim A Dapem I DPRD Pakpak Bharat, meliputi Kecamatan Sttu Julu, PGGS dan Kecamatan Salak oleh juru bicaranya MHD Said Darwis Boangmanalu.

Adapun beberapa usulan masyarakat yang disampaikan Tim A melalui juru bicaranya, diantaranya peningkatan jalan menuju Siempat Rube melalui Lae Langge Namuseng karena jalan tersebut saat ini tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Jalan simpang singgabur Lae Langge Namuseng agar dihotmix.

Kejelasan wilayah Desa Simerpara yang dalam kawasan hutan lindung agar diperjelas Pemkab Pakpak Bharat dan pemerintah desa dengan berkoordinasi ke Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara sehingga masyarakat dapat bertani dikawasan tersebut.

Selanjutnya perbaikan jalan protokol menuju kantor Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut dari Lae Sigarap. Pelebaran jalan dan penataan Kota Salak agar segera ditindaklanjuti mengingat salak sebagai ibukota Kabupaten Pakpak Bharat.

Sedangkan usulan masyarakat disampaikan kepada Tim B DPRD Pakpak Bharat dari Dapil I meliputi Kecamatan Sttu Jehe dan Pagindar yang dibacakan oleh juru bicaranya Ragat Manik, diantaranya perbaikan jalan dari Nantabar Julu Desa Bandar Baru menuju Rahib sepanjang 1 KM.  Bantuan RTLH sebanyak 20 unit Desa Bandar Baru.

Pembangunan rumah adat dan pembukaan jalan untuk tempat penand tahun Desa Sibagindar. Pembangunan jalan hotmix Sibagindar menuju Lae Mbettar. Pembangunan gapura batas wilayah Aceh dengan Pakpak Bharat di Kecamatan Pagindar.

Dan untuk hasil reses Tim C DPRD Pakpak Bharat Dapem II meliputi Kecamatan Kerajaan, Tinada, Siempat Rube yang dibacakan oleh Juru Bicaranya Ronald Lubis, diantaranya pengaspalan jalan hotmix dari Desa Siempat Rube I menuju Desa Mungkur sepanjang 3.000 M.

Pengaspalan jalan alternatif dari Kantor camat Siempat Rube menuju Desa Kuta Jungak sepanjang 800 Meter. Pembangunan jalan hotmix Kuta Jungak sepanjang 700 Meter. Pengaspalan jalan pangkalen menuju Rube Haji sepanjang 3 KM.

Perbaikan jalan lingkar Desa Kuta Babo sepanjang 2.000 Meter. Peningkatan jalan Desa Mahala ke Kuta Nangka menuju Perduhapen sepanjang 4 KM. Rumah bedah 50 unit di Kecamatan Tinada. Pengaspalan jalan Desa Perduhapen menuju Desa Kuta Saga Kecamatan Kerajaan.

Pembangunan Sarana air bersih (air minum) di dusun Kuta Pinang Desa Kuta Saga Kecamatan Kerajaan. Pengaspalan jalan dari Pongkolen menuju Lae Mbuturen sepanjang kurang lebih 1 KM. Pengaspalan jalan Galiaman ke Mbinanga Sitellu Desa Parpulungan sepanjang 3.000 M.

Setelah pembacaan hasil reses I DPRD Pakpak Bharat oleh juru bicaranya masing-masing, dilanjutkan penyerahan naskah hasil Reses I DPRD Pakpak Bharat tersebut dari Wakil Ketua DPRD Mansehat Manik kepada Wakil Bupati Pakpak Bharat Mutsyuhito Solin.

Mansehat Manik saat meminta kepada Wakil Bupati Pakpak Bharat agar hasil reses I DPRD tersebut untuk ditindaklanjuti dan dipertimbangkan agar masuk dalam APBD di Tahun 2025.

Sementara Wakil Bupati Pakpak Bharat Saat menerima naskah hasil Reses I DPRD Pakpak Bharat itu, mengatakan akan menindaklanjuti hasil reses I DPRD tersebut untuk APBD Tahun 2025 nantinya.(Sibanu)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Sejumlah Usulan Masyarakat Yang Disampaikan DPRD Pakpak Bharat Dalam Rapat Paripurna Agenda Penyampaian Hasil Reses I Tahun 2024

Trending Now

Iklan