Iklan

Pengaruh Olahraga Popular terhadap Minat Berolahraga pada Masyarakat

warta pembaruan
16 Mei 2024 | 4:34 PM WIB Last Updated 2024-05-16T09:34:58Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id
-- Ditengah euforia keberhasilan Timnas Indonesia U-23 dalam menghadapi Pertandingan Pertandingan di Piala Asia Kemarin di Qatar yang pada Akhirnya Menembus Semi Final Piala Asia Qatar,  sedikit banyaknya meningkatkan minat berbagai lapisan masyarakat dari anak anak, remaja hingga orang tua, dalam kecintaan mereka terhadap olahraga paling populer di Indonesia ini. 

Perjalanan Timnas U-23 begitu menjadi perhatian Rakyat Indonesia, belum lagi seorang Megawati Atlet Volley Indonesia yang namanya berkibar di Korea yang tergabung dalam Tim Red Spark, menjadikan Olah Raga Olah Raga populer ini menjadi begitu banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Olah Raga Menurut studi yang terbit dalam Wiley Journal, dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Ketika berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat, serta tidak mudah terserang penyakit. 

Tidak hanya mencegah penyakit biasa atau penyakit pada umumnya, tubuh yang aktif dapat mencegah dari risiko penyakit kronis. Aktivitas fisik dapat menurunkan percepatan penuaan biologis, meningkatkan kebugaran, serta mencegah sindrom metabolik, obesitas, dan resistensi insulin.

Berolahraga membuat semua bagian tubuh kita bergerak, sehingga bisa meningkatkan fleksibilitas. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak, olahraga amat penting untuk menunjang perkembangan postur tubuhnya.


Anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak bungkuk saat berjalan. Fakta kesehatan yang termuat dalam Journal of Physical Therapy Science, menyebutkan bahwa postur tubuh yang tepat dapat menurunkan risiko nyeri punggung, bahu, dan sakit  Pinggang. 

Untuk itu marilah kita berolahraga sesuai dengan aturan yang ada, karena berolahraga juga tidak bisa sembarang dilakukan, ada banyak aspek yang harus kita lihat seperti Waktu yang tepat, Pakaian Yang Tepat, Konsumsi yang tepat apalagi untuk seorang atlet.

"Didalam Tubuh yang Sehat terdapat Jiwa Yang Kuat"


Salam Olahraga


Penulis :

Avecenna Ulupi Assami

FPOK UPI

Jur : PKO

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengaruh Olahraga Popular terhadap Minat Berolahraga pada Masyarakat

Trending Now

Iklan