Iklan

DWP Kemnaker Salurkan Bantuan Bagi Korban Bencana Longsor Sumedang

warta pembaruan
08 Februari 2021 | 6:21 PM WIB Last Updated 2021-02-08T11:21:58Z
Sumedang, Wartapembaruan.co.id - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyalurkan bantuan bagi korban bencana longsor di Sumedang, Jawa Barat. Organisasi yang mewadahi para istri pejabat dan ASN Kemnaker ini turut turun tangan membantu meringankan beban derita yang menimpa para korban.

"Kehadiran kami ingin membantu masyarakat yang terdampak bencana. Semoga semua masyarakat yang terdampak diberi kemudahan, kesabaran, dan jalan keluar oleh Allah Swt.," kata Ketua DWP Kemnaker, Istiqomah Anwar Sanusi, saat mengunjungi Posko Bantuan Bencana di Desa Cihanjuang, Kabupaten Sumedang, hari Senin (8/2).

Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, berupa uang tunai sebesar Rp75 juta dan 4 paket pelatihan, yakni paket kejuruan pelatihan pembuatan kue dan roti bagi kelompok masyarakat perempuan yang keluarganya terdampak musibah longsor.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, mengatakan, bencana longsor yang terjadi sejak tanggal 9 Januari lalu, telah berdampak pada 1.126 jiwa atau sebanyak 314 kepala keluarga (KK) yang terdampak.

"Kami dari Pemkab Sumedang sangat apresasi kepada Kemnaker dan Dharma Wanita yang telah peduli kepada keluarga kami yang terkena longsor. Kami harap bantuan pelatihan segera bisa terus dilakukan agar masyarakat tetap produktif ditengah bencana yang mereka hadapi," kata Erwan.

Kepala BLK Sumedang, Irma Dewi Agustin, menjelaskan empat paket pelatihan yang diberikan berupa paket pelatihan kejuruan pembuatan kue dan roti, untuk tiap paket pelatihan terdiri dari 16 orang.

"Jadi 2 paket pelatihan ini telah dilaksanakan dengan didampingi dari BLK Lembang dan BLK Sumedang, dan untuk kedepannya ada 2 paket lagi, disini BLK Sumedang hanya memfasilitasi saja seperti perekrutan, serta memfasilitasi peralatan apabila ada kekurangan," jelas Irma.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan penerima bantuan, Puput rumianingsih, mengatakan sangat mengapresiasi sekali atas pelatihan yang diterima dari Kemnaker. Selama mengikuti pelatihan, kelompoknya diberikan pemahaman teori dan praktik, dimana praktik yang sudah dilakukan yakni pembuatan donat.

Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Biro Umum Kemnaker, Dian Kreshnadjati; Kepala BLK Sumedang, Irma Dewi Agustin; Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, Asep Sudrajat; serta jajaran perwakilan Disnaker Provinsi Jawa Barat yang hadir (Azwar).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DWP Kemnaker Salurkan Bantuan Bagi Korban Bencana Longsor Sumedang

Trending Now

Iklan