News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ayoooo Buruan Daftar Mekanik Alat Berat di BLK Samarinda

Ayoooo Buruan Daftar Mekanik Alat Berat di BLK Samarinda



Samarinda, Wartapembaruan.co.id - Kementeran Ketenagakerjaan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda akan segera membuka pelatihan "Mekanik Alat Berat" di bulan Maret 2021 ini.


Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 31 tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional (Sislatkernas), Pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Pelatihan kerja merupakan salah satu jalur efektif untuk meningkatkan kualitas kompetensi kerja serta mengembangkan karier tenaga kerja, karena dapat diselenggarakan untuk jangka waktu singkat dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna tenaga kerja/industri. Dengan demikian pelatihan kerja pada dasarnya di rancang untuk kebutuhan pengguna tenaga kerja/industri, atau untuk kebutuhan berwirausaha.

Salah satu upaya menanggulangi tingkat pengangguran, maka dilakukan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri melalui pelatihan teknisi. Pelatihan teknisi telah dilaksanakan sejak tahun 2000 di BBPLK Serang dan output dari pelatihan ini sangat diminati oleh industri sehingga pelatihan ini akan dijadikan best practiceuntuk BLK lainnya.


Untuk menambah kompetensi peserta pelatihan teknisi maka pada tahun 2021 akan dilakukan pemagangan bagi lulusan pelatihan teknisi sehingga diharapkan dapat menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai.


Kepala BLK Samarinda, Andri Susila, menjelaskan, pelatihan ini diselenggarakan secara Non Boarding selama 7 (Tujuh) bulan atau 1200 JP dan dilanjutkan dengan pemagangan 480 JP selama 3-5 bulan di perusahaan, dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang per kelas.

"Peserta tidak hanya dibekali dengan 46 unit kompetensi terkait teori dan praktek, tetapi juga 6 unit kompetensi penunjang lainnya. Setelah lulus pelatihan, siswa diharapkan memiliki kompetensi yang cukup untuk dapat bekerja sebagai "Teknisi Alat Berat" di dunia industri," jelas Andri Susila, kepada Wartapembaruan.co.id, Kamis (4/3/2021).

Menurut Andri, untuk menjamin pemagangan dan penempatan kerja bagi alumni, BLK Samarinda melibatkan dunia industri sebagai "Bapak Asuh" bagi siswa sehingga setelah selesai pelatihan, siswa dapat segera mengikuti pemagangan di perusahaan asuhnya.

"Jadi, bagi yang mau meningkatkan kompetensinya, terutama para milenial yang baru lulus SMA IPA atau SMK dan tidak bisa melanjutkan pendidikannya, silahkan mendaftar. Pendaftarannya mulai dibuka besok, 5 Maret 2021 hingga 14 Maret 2021. Atau bisa Follow akun sosmed BLK Samarinda dan juga bisa telpon serta langsung mendaftar ke BLK Samarinda," ujar Andri Susila.

Adapun proses seleksi yakni: 1. Pendaftaran 5-14 Maret 2021 melalui Online Sisnaker https://pelatihan.kembaker.go.id; 2. Seleksi Online 15 Maret 2021 melalui aplikasi https://cbt.blksamarinda.id/; 3. Pengumuman 16 Maret 2021 Hasil Seleksi Online; 4. Test wawancara 17-19 Maret 2021 Online via Zoom/Video Call; 5. Pengumuman kelulusan 23 Maret 2021; 6. Pendaftaran Ulang 23-25 Maret 2021; 7. Rapid Test 29 Maret 2021; 8. Soft Skill & FMD 29 Maret - 1 April 2021.

Dokumen yang dilampirkan: 1. Copy KTP; 2. Copy Kartu Keluarga; 3. Ijazah pendidikan terakhir (yang dilegalisir); 4. Pass Foto 3x4 (4 lembar) dan 2x3 (2 lembar) berlatar belakang merah, menggunakan kemeja putih, jas hitam dan dasi hitam; 5. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Fasilitas Kesehatan; 6. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Fasilitas Kesehatan; 7. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Badan Narkotika Nasional; 8. Surat pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan pelatihan (di atas meterai minimal Rp10.000); 9. Tidak sedang mengikuti seleksi penerimaan karyawan di perusahaan manapun; 10. Bagi yang dinyatakan lulus, bersedia membuat surat pernyataan tidak mengikuti seleksi penerimaan karyawan di perusahaan manapun; dan 11. Bukti Pendaftaran Sisnaker.

Persyaratan pendaftaran: 1. Pria/Wanita usia 18-23 tahun; 2. Minimal lulusan SMA IPA/SMK Teknik Otomotif dan alat berat; 3. Tinggi badan min 160 cm (laki-laki) atau 155 cm (perempuan); 4. Tidak Buta Warna; 5. Sehat jasmani dan rohani; 6. Mampu mengoperasikan komputer; 7. Tidak sedang menempuh pendidikan formal (sekolah, diploma, atau universitas; 8. Tdak sedang nengikuti seleksi penerimaan karyawan di perusahaan manapun; 9. Wajib mengikuti pemagangan di perusahaan (seluruh Indonesia) sesuai dengan ketentuan yang berlaku; dan 10. Membuat akun dan mendaftar melalui https://pelatihan.kemnaker.go.id.

Fasilitas yang didapat: 1. Mendapatkan uang transport; 2. Mendapatkan seragam, alat tulis kantor, Thumbler dan makan siang; 3. Mendapatkan modul pembelajaran; dan 4. Mendapatkan Sertifikat Pelatihan dan Sertifikat Kompetensi.

Andri Susila meyakini program pelatihan ini akan menciptakan manusia-manusia milenial yang handal yang memang punya kompetensi. "Program pelatihan ini dari awal hingga akhir. Jadi, kompetensinya luar biasa dibanding sama program pelatihan lainnya," kata Andri Susila seraya mengajak para milenial untuk segera bergabung demi masa depan yang cerah (Azwar).

Tags

Newsletter Signup

Silahkan isi Email anda disini untuk mengikuti berita terbaru dari Warta Pembaruan.

Posting Komentar