Iklan

BLK Bandung Kembali Buka Program Pelatihan Level Teknisi

warta pembaruan
02 Maret 2021 | 7:01 PM WIB Last Updated 2021-03-02T17:14:16Z
Bandung, Wartapembaruan.co.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung, atau lebih dikenal Balai Latihan Kerja (BLK) Bandung, kembali membuka Program Pelatihan Level Teknisi.

Program Pelatihan Level Teknisi diselenggarakan secara Non Boarding (Tidak Diasramakan) dengan durasi selama 7 (Tujuh) bulan atau 1.200 JP untuk Pelatihan di BLK Bandung dan 3 (Tiga) bulan magang di industri.

Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung, Aan Subhan mengungkapkan, saat ini dunia industri banyak membutuhkan tenaga kerja handal yang siap pakai.

"Guna pemenuhan kebutuhan inilah, BLK Bandung mempersiapkan tenaga kerja yang handal melalui program pelatihan level IV atau setara dengan D II di dunia pendidikan," ungkap Aan di Bandung, Selasa (2/3/2021).

Menurut Aan, program ini adalah program baru, program unggulan yang ada di BLK Bandung pada tahun 2021 ini. Program ini hanya ada 1 (Satu) paket di Body Repair dan 1 (Satu) paket di Manufaktur dengan per paketnya hanya 16 orang.

"Jadi, bagi yang mau meningkatkan kompetensinya, terutama anak muda milenial yang baru lulus SLTA IPA atau SMK dan tidak bisa melanjutkan pendidikannya, silahkan mendaftar. Pendaftarannya dibuka hingga pertengahan Maret 2021. Bisa dilihat di Facebook BLK Bandung, di Instagram Bandung atau juga bisa telpon serta langsung mendaftar ke BLK Bandung," ujar Aan.

Aan meyakini program pelatihan ini akan menciptakan manusia-manusia milenial yang handal yang memang punya kompetensi. "Program pelatihan ini dari awal hingga akhir. Jadi, kompetensinya luar biasa dibanding sama program pelatihan lainnya," tuturnya.

Aan menambahkan, untuk lebih meningkatkan kompetensi lulusan program ini, pihaknya bekerjasama dengan industri otomotif maupun industri manufaktur.

"Dengan pelatihan program ini selama 7 bulan di BLK Bandung kemudian 3 bulan di industri, para lulusan BLK ini akan menjadi manusia milenial yang punya kompetensi di bidang ini," imbuhnya.

Aan menjelaskan, program pelatihan ini diselenggarakan hanya sekali di tahun 2021 dan dibuat sebagai bentuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, dan etos kerja peserta pelatihan pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu, sesuai jenjang dan kualifikasi jabatan ataupun pekerjaan.

Untuk itu, sekali lagi, Aan mengajak anak-anak milenial yang baru lulus SMA IPA atau SMK untuk segera ikut pelatihan dengan mendaftar secara gratis.

"Mari kita persiapkan diri kita ke program teknisi dan ini adalah satu kesempatan yang tidak akan ada lagi dalam tahun 2021 ini yaitu hanya sampai dengan pertengahan bulan Maret ini. Saya yakin, anda punya kompetensi, anda akan mendapatkan pekerjaan dan tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan itu," pungkas Aan.

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi calon yakni: 1. Laki-laki/Perempuan; 2. Usia minimal 18 tahun, maksimal 23 tahun; 3. Melampirkan Ijazah Terakhir dan lembar nilai; 4. Minimal SMA/IPA/SMK Teknik Otomotif Tek. (Perbaikan body kendaraan ringan); 5. Minimal SMA IPA/SMK Teknik Permesinan (Tek. Manufaktur; 6 Sehat jasmani dan rohani; 7. Mampu mengoperasikan komputer; 8. Membuat akun dan mendaftar melalui http://Pelatihan.kemnaker.go.id.

Peserta akan mendapatkan fasilitas yakni: 1. Mendapatkan Sertifijat Pelatihan dan Sertifikat Kompetensi; 2. Mendapatkan Seragam, ATK dan makan siang; Mendapatkan Modul Pembelajaran; dan Mebdapatkan Bantuan Uang Transport (Azwar).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BLK Bandung Kembali Buka Program Pelatihan Level Teknisi

Trending Now

Iklan