Iklan

BPJAMSOSTEK Siap Hadapi Tantangan Pengelolaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

warta pembaruan
03 Maret 2021 | 11:32 AM WIB Last Updated 2021-06-01T07:30:43Z


Jakarta, Wartapembaruan.co.id - Pasca seminggu Presiden RI Joko Widodo melantik Jajaran Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk periode 2021-2026, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menyerahkan petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 38/P Tahun 2021 kepada Jajaran Dewan Pengawas dan Direksi BPJAMSOSTEK, Selasa (2/3/2021).

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo menyampaikan dirinya beserta jajaran direksi siap melaksanakan amanah Presiden, dengan menjunjung tinggi integritas, profesionalisme, dengan tata kelola yang baik, dan tetap mengedepankan inovasi untuk menghadapi tantangan implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Secara umum dan berdasarkan ISSA (Asosiasi Jaminan Sosial Sedunia), ada 4 tantangan utama yang siap kami hadapi ke depan, yg pertama yaitu perlindungan bagi seluruh tenaga kerja di Indonesia, kemudian perlindungan pada pasar tenaga kerja di era industry 4.0, peningkatan manfaat, kemudahan dan kecepatan layanan dan selanjutnya peningkatan IT Agility,” tutur Anggoro.

Menurut Anggoro, untuk merespon tantangan tersebut Direksi BPJAMSOSTEK akan menjalankan 5 program prioritas, yaitu kemudahan daftar dan bayar iuran BPJAMSOSTEK, implementasi pelaksanaan program JKP (Jaminan Kehilangan Pekerjaan), utilisasi aplikasi digital yang akan dinamakan J-Mo (Jamsostek Mobile), penguatan infrastruktur (IT, SDM dan cost competitiveness) serta peningkatan kualitas dan integrasi data.

“Dari sisi kepesertaan, kami akan fokus memberikan dan memastikan kemudahan pendaftaran dan pembayaran bagi peserta. Kedua, fokus utama tahun ini adalah implementasi program baru yakni JKP. Dari sisi layanan, kami akan rebranding layanan mobile dan mengembangkan layanan fully digital yang memanfaatkan teknologi biometric. Kami juga sangat concern dengan data dan kolaborasi. Dalam hal ini, kami akan meningkatkan kualitas data dan membuka ruang untuk integrasi dengan program JKN,” ujar Anggoro.

Senada dengan Dirut BPJAMSOSTEK, Ketua Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK Muhammad Zuhri, menyatakan siap bekerja sama dengan jajaran direksi untuk memastikan kinerja BPJAMSOSTEK dan kesejahteraan pekerja di masa yang akan datang.

M Zuhri mengungkapkan, ada 6 (Enam) lompatan besar yang menjadi fokus Dewas BPJAMSOSTEK. "Peningkatan kepesertaan berbasis sinkronisasi data kepesertaan, mendorong perbaikan pelayanan dengan pendekatan strategis. Kemudian memperhatikan risiko operasional dan investasi, memenuhi standar operasional BPJAMSOSTEK, menindaklanjuti rekomendasi yang diterbitkan DJSN dan pemeriksaan khusus BPK RI dan terakhir menyelesaikan gap antara regulasi dengan implementasi operasional," ungkap M Zuhri.

Pihak DJSN pun menyambut baik program yang disampaikan oleh Direksi dan Dewas BPJAMSOSTEK periode 2021-2026.

Mewakili DJSN, Iene Muliati, sebagai Ketua Komisi Kebijakan, menyampaikan pihaknya optimis BPJAMSOSTEK mampu mengukir banyak prestasi dan mewujudkan jaminan sosial nasional yang berkualitas bagi pekerja Indonesia.

Iene berharap Direksi dan Dewas meningkatkan dan mengupayakan usaha terbaik hingga titik maksimal, khususnya pada aspek manajemen kepesertaan, manajemen risiko dan investasi, serta manajemen layanan manfaat.

Menutup pertemuan tersebut, Anggoro berharap kolaborasi antara jajaran Direksi dan Dewas dengan seluruh pemangku kepentingan dapat berjalan dengan baik, karena dukungan dari seluruh elemen ini sangat dibutuhkan untuk mencapai visi dan misi yang mulia memberikan perlindungan jaminan sosial kepada seluruh pekerja Indonesia.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Salemba, M. Izaddin siap mendukung lima program prioritas yang akan dijalankan direksi BPJAMSOSTEK.

Izan, sapaan M. Izaddin, optimistis, dengan terobosan baru yang dilakukan direksi di bawah nahkoda Bapak Anggoro Eko Cahyo, BPJAMSOSTEk akan makin optimal dalam memberikan pelayanan terhadap peserta, termasuk mencapai target-target internal sebagai sebuah badan milik pemerintah.

"Kami sangat mendukung program-program kerja dari jajaran direksi dimana tentunya akan mendorong terwujudnya jaminan sosial yang berkualitas bagi para pekerja," pungkas Izan (Azwar).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPJAMSOSTEK Siap Hadapi Tantangan Pengelolaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Trending Now

Iklan